Bicara tentang Banda Aceh yang dikenal akrab dengan sebuatan serambi Makkah ini memang tidak bisa hanya berhenti pada tanaman ganja yang tumbuh subur di dataran tanah Aceh. Banyak yang bisa kita explore dari kekayaan alam yang dimiliki kota dengan penduduk dominan adalah keturunan Melayu Arab ini. Banda Aceh yang terletak di ujung kepulauan Sumatera ini memang dikenal dengan daerah istimewa. Wisata alam yang dimilikinya pun beragam. Selain dapat menikmati keindahan alam Taman Laut Pulau Weh, Anda juga dapat mengunjungi wisata alam lainnya yakni, air terjun suhom.

Air Terjun Suhom dikenal juga dengan nama Air Terjun Lhoong. Wisata alam air terjun ini memiliki sumber mata air yang bersumber dari sebuah perbukitan dengan curahan air sekitar 20 meter. Wisata alam air terjun Aceh ini berada di tengah panorama alam yang indah dan alami. Di sekitar air terjun ini Anda akan banyak menjumpai deretan pohon durian. Dan pada musimnya akan banyak dijumpai penjual buah durian di sini. Harga durian yang ditawarkan kepada pengunjung cukup murah lho travellers.

Yukpegi-2f-Aceh- Air Terjun Suhom-3

Tak hanya untuk dikunjungi pulang pergi, pengelola wisata alam air terjun ini menyediakan lahan yang bisa dipergunakan untuk berkemping. Wisata alam Aceh ini terletak di Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Nanggro Aceh Darussalam. Air terjun yang beraliran deras ini menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat di sekitarnya. Sebuah pembangkit listrik tenaga mikrohidro kini telah dibangun di dekat air terjun ini dan dioperasikan untuk mengaliri listrik kepada 200 Kepala Keluarga di Desa Kreung Kala.

Wisata alam air terjun Aceh ini berjarak sekitar 75 Km bagian barat Banda Aceh atau berjarak sekitar 3 km dari jalan raya antara Banda Aceh dengan Calang, Aceh Jaya.  Untuk mencapai Air Terjun Suhom dari Banda Aceh, Anda bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Perjalanan ke sana melalui rute Banda Aceh menuju Calang (Aceh Jaya) dengan melewati Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga dan Kecamatan Leupung.

Yukpegi-2f-Aceh- Air Terjun Suhom-2

Tiket masuk menuju wisata alam Aceh ini adalah Rp 5.000, merata bagi mereka yang membawa mobil atau motor. Di sini Anda tidak perlu khawatir akan sulit menemukan warung makanan untuk memanjakan perut Anda setelah lelah bermain air, tersedia warung-warung penjual kopi dan mie di sini.

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar