Tugu Kilometer Nol adalah sebuah bangunan dengan ketinggian 22,5 meter berbentuk lingkaran berjeruji. Tugu ini berwarna cat putih di setiap bagiannya dan bagian atas lingkaran Tugu ini menyempit seperti mata bor. Tugu ini juga sebagai obyek wisata alam yang dimiliki Kepulauan Sabang salah satu kota di Provinsi Aceh.

Di puncak tugu ini terdapat patung burung garuda yang sedang menggenggam angka nol. Tugu ini juga memiliki sebuah prasasti berbahan batu marmer berwarna hitam yang menunjukkan posisi geografis tempat ini yaitu Lintang Utara 05 54′ 21,99″ Bujur Timur 95 12′ 59,02″.

Yukpegi-34f-Aceh-Tugu-Kilometer-Nol-RI-3

Tugu ini diresmikan bulan September 1997 oleh H. Try Sutrisno yang saat itu menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia. Tugu ini berdiri di sebuah bukit dengan laut biru membentang di bawahnya. Tugu ini dijadikan sebagai wisata alam karena memiliki pemandangan indah.

Pemandangan indah disekitar tugu bisa dilihat dari atas tugu ini yaitu pemandangan indah dari laut yang biru dengan kesejukan angin laut yang bisa Anda rasakan. Tempat ini merupakan sebuah kawasan hutan lindung di ujung Pulau Weh.

Untuk mencapai tugu ini Anda perlu berkendara sekitar 29km dari pusat kota Sabang. Sepanjang jalan menuju lokasi tugu ini dikelilingi hutan dan pantai. Tak jauh berbeda dengan pemandangan yang bisa Anda jumpai diPulau Kembang Banjarmasin. Anda akan melihat begitu banyak monyet disepanjang jalan menuju tugu ini.

Yukpegi-34f-Aceh-Tugu-Kilometer-Nol-RI-1

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar