Semarang memang lebih dahulu terkenal sebagai kota perdagangan, namun predikat tersebut bukanlah satu-satunya gelar yang patut disandang oleh ibukota provinsi Jawa Tengah ini. Semarang memiliki beberapa iconyang pesonanya banyak memikat wisatawan dari berbagai penjuru negeri. Berikut ini adalah empat tempat bersejarah yang menjadi ciri khas dari kota Semarang:

Lawang Sewu

 4 Simbol Kota Semarang-lawang-sewu-1

Sebagai salah satu bangunan peninggalan masa kolonial Belanda yang masih berdiri megah di pulau Jawa,Lawang Sewu kemudian menjadi simbol yang tak terpisahkan dari sejarah kota Semarang.

Selain nilai sejarahnya, kemegahan, keindahan dan keunikan arsitektur Lawang Sewu (termasuk jumlah pintunya yang konon mencapai 1.000 buah sehingga dinamai Lawang Sewu – seribu pintu) membuat bangunan ini sebagai salah satu obyek wisata wajib di Semarang.

Dibalik tudingan masyarakat yang menyebut Lawang Sewu sebagai tempat yang angker, keindahan gaya bangunan Lawang Sewu yang menakjubkan akan membuat Anda terpesona dan sejenak merasa kembali ke masa lalu.

Tugu Muda

4 Simbol Kota Semarang-tugu muda

Tugu Muda merupakan monumen bersejarah yang dibangun untuk mengenang Pertempuran Lima Hari di Semarang. Relief yang terdapat pada dinding monumen ini menceritakan pertempuran yang berlangsung antara 14-19 Oktober 1945 tersebut.

Bentuk lilin dari tugu ini melambangkan semangat para pejuang yang tak kunjung padam dalam mempertahankan kemerdekaan. Obyek wisata yang satu ini bahkan cukup dikenal di kalangan wisatawan asing sebagai icon kota Semarang.

Simpang Lima

4 Simbol Kota Semarang-simpang-lima

Simbol kota Semarang tidak melulu seputar bangunan dan monumen bersejarah. Simpang Lima yang merupakan alun-alun alias pusat kota Semarang juga merupakan maskot yang wajib Anda sertakan dalamitinerary Anda saat mengunjungi kota ini.

Di Simpang Lima terdapat berbagai jenis rekreasi, pasar mingguan dan musiman, serta beragam kuliner khas Semarang.

Kawasan Kota Tua Semarang

4 Simbol Kota Semarang-tugu muda-kota-tua-semarang

Jika Bandung dijuluki Paris van Java, kawasan Kota Lama Semarang punya julukan Venice van Java. Julukan ini tentunya diperoleh berkat bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur Belanda yang impresif.

Sumber :  www.yukpegi.com

Comments

Komentar