Salah satu tempat tujuan traveling yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Komodo. Tempat ini terletak di Kepulauan Nusa Tenggara dan menjadi tempat yang disukai oleh wisatawan dari luar pulau dan juga wisatawan mancanegara. Pulau Komodo juga terkenal karena tempat ini merupakan tempat habitat asli dari hewan komodo. Di sini pula hewan tersebut dikembangbiakan dan dilestarikan oleh pengelola supaya tidak punah. Pulau komodo juga menjadi pulau yang bagus untuk dijadikan studi penelitian. Di sini semua data hewan komodo dan juga beragam fauna dan flora lainnya tersedia secara lengkap. Namun, untuk Anda yang mengunjungi tempat ini supaya bisa berwisata dengan keluarga, maka Pulau Komodo menjanjikan sebuah pemandangan alam yang indah dan juga hawa udara yang sejuk dan segar.

Flora dan Fauna di Pulau Komodo

Pulau ini juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola secara langsung oleh Pemerintah Pusat. Di pulau ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hewan komodo, yang mana mereka hidup dan berkembang biak dengan sangat baik di tempat ini. Di pulau ini tercatat ada sebanyak 1300 ekor komodo yang masih hidup dan mereka telah berada di Pulau ini dan terus dikembangbiakan sejak tahun 2009. Kepopuleran dari Pulau Komodo juga tidak hanya ditemukan berasal dari Komodo yang ada di tempat tersebut saja, tapi juga berasal dari banyaknya kekayaan flora yang ada di dalamnya. Flora yang terkenal seperti Kayu Sepang, yang banyak digunakan oleh warga sekitar untuk obat dan pewarna pakaian, juga bisa ditemukan di pulau tersebut.

Pesona Keindahan Pulau Komodo

Ekosistem Flora lainnya yang juga bisa Anda nikmati disini adalah Pohon Nitak yang banyak digunakan oleh penduduk lokal sebagai obat dan juga bisa digunakan untuk bahan makanan karena rasanya yang gurih seperti kacang polong. Sebagai salah satu pulau yang terkenal di Indonesia, Pulau Komodo juga dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Hal ini dikarenakan Pulau Komodo itu sendiri merupakan tempat yang mencakup wilayah Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, Pulau Radar dan juga Pulau Gili Motang.

Sejarah Pulau Komodo

Sebagai salah satu lokasi wisata Andalan untuk berlibur, pulau komodo juga memiliki sejarah yang cukup panjang. Tepat pada tahun 1910, orang Belanda memberikan nama untuk pulau yang berada di sisi selatan Nusa Tenggara Timur ini dengan sebutan Pulau Komodo. Hal ini dikarenakan adanya laporan dari salah satu Letnan Belanda yang bernama Steyn Van Hens Broek yang mengaku melihat sebuah hewan besar yang menyerupai naga di tempat tersebut. Tak lama kemudian, Letnan ini membunuh satu ekor yang ada di tempat tersebut yang kemudian dijadikannya sebagai dokumentasi di salah satu Museum yang terkenal di Kota Bogor. Pada tahun 2009, Pulau Komodo mendapatkan penghargaan sebagai New Seven Wonder of Nature yang ada di dunia.

Sumber :  www.yukpegi.com

Comments

Komentar