Salah satu wisata alam yang terdapat di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat adalah Taman Nasional Danau Sentarum. Danau ini berlokasi di sebuah hutan tropis dan lahan basah. Luas wilayahnya sekitar 132.000 ha yang meliputi 7 kecamatan, yaitu Semitau, Suhaid, Bunut Hilir, Jongkong, Badau, Selimbau, dan Batang Lupar.

Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum dihuni oleh sekitar 265 jenis ikan air tawar, 675 spesies tanaman, 147 jenis mamalia, dan lebah. Air yang berada di Danau Sentarum berwarna hitam kemerah-merahan, ini karena airnya mengandung tannin yang berasal dari hutan gambut yang ada di sekitarnya. Wisata alam kalimantan ini berfungsi sebagai tampungan air Sungai Kapuas pada musim hujan, dan sebaliknya bila di musim kemarau, air di Danau Sentarum akan mengisi kekurangan debit air di Sungai Kapuas dan berubah bentuk menjadi lapangan yang kering.

Yukpegi-71f-Kalimantan Barat-Taman Nasional Danau Sentarum-2

Taman Nasional Danau Sentarum saat ini menjadi salah satu ikon obyek pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu. Hal ini karena kawasan tersebut memiliki keunikan fauna dan flora dan masih terpeliharanya tradisi penduduk lokal. Ada 45 dusun permanen dan 10 dusun musiman di kawasan ini dan sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan dan petani.

Untuk bisa mengunjungi Danau Sentarum, Anda bisa menempuh perjalanan dari Pontianak, melalui Sintang, kemudian menuju Semitau. Anda bisa menempuhnya selama 11 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Alternatif lainnya adalah melalui Sintang menuju Semitau dengan menggunakan longboat yang bisa ditempuh selama 7 jam, longboat hanya bisa memuat beberapa penumpang karena walaupun panjang, perahu ini terbiang cukup kecil.  Dari Semitau menuju Danau Sentarum, Anda masih harus menggunakan perahu motor jurusan Lanjak, perahu motor ini mampu menampung lebih banyak penumpang ketimbang longboat.

Sumber: www.yukpegi.com

Comments

Komentar