Setelah dicari oleh Columbus dan Marco Polo, Kepulauan Banda merupakan kawasan wisata dan tujuan yang paling didambakan oleh turis bahkan mancanegara terutama oleh Belanda dan Portugis yang menjajah pulau-pulau dan diekspor adat pala dan cengkeh. Sejarah menceritakan masa lalu kekerasan di bawah kekuasaan kolonial dari pulau tersebut. Sekarang, laut sekitar pulau-pulau ini merupakan surga tropis yang didambakan untuk menyelam spektakuler dan snorkeling di beberapa terumbu karang terkaya di dunia, karang yang belum terjamah, dan dimana dapat ditemukan ikan pelagis besar.

Kebanyakan turis akan menikmati keindahan Laut Banda karena mereka dapat melakukan aktivitas menyelam dan juga menikmati keindahan bawah laut disana.

 

Dengan drop off curam dan karang keras mengesankan serta beberapa arus cepat membuat daerah ini benar-benar memiliki pemandangan yang spektakuler. Disana para wisatawan dapat menikmati bermacam hewan seperti seperti tuna besar, kura-kura, ikan napoleon, kerapu, hiu dan lobster besar. Visibilitas yang besar adalah hal terbaik disini dan ada juga beberapa situs makhluk khusus.
Laut Banda dikelilingi oleh pulau-pulau besar Buru, Halmahera, Ambon dan Seram di utara menuju Gorom, Kei dan Aru di timur serta pulau-pulau Tanimbar, Wetar dan Reong. Perlu diketahui pula serangkaian pulau-pulau kecil seperti Babar dan Moa yang menyentuh Timor Timur di selatan. Teluk Ambon adalah tuan rumah untuk beberapa aktivitas menyelam makhluk terbaik Indonesia disana. Sekarang ini yang menjadi favorit adalah pulau Halmahera yang dikelilingi Laut Banda.

Disana juga terdapat gunung api yang mana adalah puncak gunung berapi yang terisolasi meningkat dari jantung Laut Banda. Dikelilingi oleh air jernih ini pulau tak berpenghuni adalah rumah bagi ribuan burung laut bersarang. Gunung tersebut memancarkan belerang baik di atas dan di bawah tengara. Meskipun ekstrim, ini telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para penyelam. Disana juga terdapat pantai tak berpenghuni yang mana amat ideal sebagai lokasi sarang penyu hijau. Tak hanya keindahan, disana wisatawan dapat juga melakukan aktifitas wisata bersama keluarga yang tak terlupakan. Lalu tunggu apa lagi untuk berkunjung ke Laut Banda?

Comments

Komentar