Saat Anda berkesempatan berkunjung ke Jayapura yang menjadi provinsi paling timur Indonesia adalah suatu hal yang menakjubkan. Karena di sini Anda dapat mengexplore berbagai wisata alam yang belum terjangkau banyak orang. Salah satu wisata alam milik Jayapura yang menyuguhkan keindahan yang sempurna adalah Danau Sentani. Danau yang terletak di Papua ini memiliki luas 9360 hektar dengan ketinggian 75 mdpl. Wisata alam Danau Sentani Papua ini juga merupakan danau terbesar di Papua.

Sentani yang berarti di sini kami tinggal dengan damai, merupakan kata yang ditemukan pada tahun 1898 oleh seorang pendeta Kristen yang saat itu melakukan misionaris di danau ini. Terdapat 21 buah pulau kecil yang yang menghiasi danau indah Sentani ini. Wisata alam Danau Sentani yang berjarak 50km dari pusat kota Jayapura ini terbentang seluas 9363 hektar diantara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Menikmati Keindahan Fajar di Atas Danau Sentani Jayapura-people

Di sini, Anda dapat melihat Hiu Gergaji yang menjadi salah satu spesies ikan endemik yang hidup di danau Sentani. Wisata alam Danau Sentani ini memiliki setidaknya 30 spesies ikan tawar yang empat jenis diantanya adalah jenis endemik. Danau ini memang dikelola oleh pemerintah kota Jayapura sebagai Wisata alam yang dapat Anda kunjungi saat berada di Papua. Akan ada banyak perahu wisata yang akan mengantarkan Anda berkeliling untuk melihat keindahan yang mengelilingi wisata alam Danau Sentani ini. Keindahan yang selalu menggoda wisatawan yang datang adalah melihat keindahan danau ini saat fajar tiba.

Menikmati Keindahan Fajar di Atas Danau Sentani Jayapura-02

Yang bisa Anda nikmati di danau Sentani ini bukan hanya keindahan alamnya saja, Anda bisa melakukan beberapa olah raga air seperti menyelam dan bersampan. Jika Anda datang di pertengahan bulan Juni, Anda dapat menyaksikan sebuah festival di danau ini. Festival Danau Sentani diadakan setiap tahunnya oleh warga Papua dengan bantuan pemerintah Daerah. Serupa dengan perhelatan festival di Danau Batur Bali, festival Danau Sentani ini diisi dengan beragam kesenian budaya daerah setempat.

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar