Indonesia yang merupakan Negara kepulauan pasti mempunyai pantai-pantai indah yang selalu mengelilinginya.  Tidak heran jika sebenarnya Indonesia mempunyai pariwisata alam yang bisa menjual untuk bisa dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam negeri ataupun dalam negeri. Pulau terbesar di Indonesia yaitu Kalimantan juga tidak kalah menarik dengan pariwisata pantainya, salah satunya yaitu pantai di Desa Temajuk.

Desa Temajuk secara geografis berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Desa ini terletak di sebelah utara di bagian barat Kalimantan dan berbatasan langsung dengan Negara Malaysia.  Jika dari Telok Melano, Malaysia jaraknya sangat dekat sekali hanya sekitar 4 kilometer.

Garis pantai di desa ini sangat panjang hingga mencapai 60 km, bisa dibayangkan hamparan pantai yang luas dan panjang disertai pemandangan yang sangat eksotis. Kerap kali pantai ini dikunjungi oleh binatang penyu untuk bertelur, dimana binatang ini sudah mulai langka.

Jika Anda ingin mengunjungi pantai di Desa Temajuk ini Anda bisa menggunakan motor dengan rincian perjalanan :

  1. dari Kota Singkawang ambil jalur menuju Kartiasa arah Sambas, tetapi jarak yang ditempuh sekitar 200 km dan memakan waktu lumayan lama yaitu sekitar 6 jam.
  2. Jika Anda sudah sampai ke Kartiasa Anda  harus menyeberangi sungai ke Teluk Kalong menggunakan kapal feri. Biaya untuk menyeberang hanya Rp. 5.000 per sepeda motor dan apabila memakai mobil biaya Rp. 35.000 per mobil. Sesudah sampai di seberang, Anda harus meneruskan perjalanan lagi menuju Paloh.
  3. Di perjalanan nanti akan melewati Dusun Liku dimana jalannya sudah beraspal bagus, tetapi dari Dusun Seliku sampai Dusun Setingga jalannya banyak yang sudah berlubang. Setelah Dusun Setingga Anda harus menempuh perjalanan lagi sampai Sungai Sumpit melewati Dusun Merbau.
  4. Setiba di sungai Sumpit Anda masih harus menyeberang menggunakan Perahu Bangkong menuju Dusun Ciremai dengan tarif Rp. 10.000 per sepeda motor dan Rp. 100.000 per mobil.  Dari Dusun Ciremai Anda akan segera mencapai Desa temajuk sekitar 50 km lagi.

1.Surga Di Perbatasan Kalimantan

Tetapi dalam perjalanan menuju Desa Temajuk tersebut perjalanan agak terhambat karena sedang dalam proses perbaikan sampai Sungai Belacan dan selanjutnya sudah membaik. Sebelumnya sepanjang jalan di Sungai Belacan sampai Dusun Camar Bulan kondisi jalan susah untuk ditempuh karena masih berpasir gembur.

Biasanya penduduk sekitar lebih suka melewati jalur pantai pada saat air surut. Disana terdapat Telok Atong Bahari dimana dikelola sendiri oleh Bapak Atong. Beliau sangat ingin memajukan pariwisata di Desa Temajuk ini dengan menjadikan tanahnya di pesisir pantai untuk dijadikan tempat wisata.

Beliau menyediakan jasa penginapan bagi Anda yang bermalam disana, dan apabila sedang penuh Anda tidak perlu khawatir karena warga sekitar bisa menyediakan penginapan untuk Anda.

Kedatangan para pengunjung akhir-akhir ini mengalami peningkatan karena pemandangan pantainya yang bagus dan mulai dikenal banyak orang. Di sepanjang pantai Desa temajuk Anda bisa memperoleh :

  1. pemandangan pantai masih sangat alami, pasirnya berwarna putih, banyak perpaduan batu granit dan batu karang yang menambah keindahan pantai tersebut.
  2. Anda bisa melihat penyu yang banyak di sepanjang pantai
  3. Selain itu Anda bisa snorkling untuk melihat pemandangan bawah laut.

 

 

 

 

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar