Musim hujan bukanlah penghalang bagi mereka yang punya hobi travelling atau jalan-jalan. Sebenarnya memang musim hujan bukan halangan untuk bertamasya karena yang terpenting adalah bagaimana mempersiapkan semua hal dengan matang sebelum bertamasya musim hujan. Apa saja yang perlu disiapkan agar tamasya Anda dan keluarga tetap menyenangkan walaupun musim hujan? Tips bertamasya berikut ini mungkin berguna untuk dilakukan:

Kenali Tujuan Bertamasya

Agar kita mengenal tujuan atau daerah yang akan kita kunjungi untuk bertamasya, carilah informasi yang lengkap mengenai daerah tersebut. Yang paling penting ketika bertamasya musim hujan adalah ketahui kondisi daerah yang menjadi tujuan bertamasya, khususnya jika musim hujan, seperti apakah lokasi itu terkena banjir atau bebas banjir.

Jangan Memilih Tempat Terbuka

Karena sedang musim hujan, sebaiknya pilih tempat tertutup di daerah tujuan Anda bertamasya musim hujan. Usahakan tidak memilih tempat-tempat outdoor, seperti pegunungan, taman, dan pantai.

Menginap di Tempat yang Aman

Selalu pastikan penginapan atau hotel yang Anda pilih untuk bertamasya musim hujan aman dan bebas dari banjir. Cek sejarah hotel yang Anda pilih, apakah pernah terkena banjir atau tidak. Selain bebas banjir, pastikan hotel atau penginapan yang Anda pilih bebas tanah longsor. Agar aman dari longsor, pilih hotel yang berlokasi cukup jauh dari sungai atau daerah-daerah yang berpotensi terkena tanah longsor.

Kondisi Fisik Harus Fit

Fisik yang baik sangat dibutuhkan, apalagi untuk bertamasya musim hujan. Konsumsi vitamin secara teratur atau bila memang diperlukan Anda bisa melakukan vaksinasi agar selama bertamasya tubuh Anda tetap dalam keadaan sehat dan fit.

Persiapkan Obat-Obatan

Selalu siapkan obat-obat yang dibutuhkan saat musim penghujan sebelum bertamasya musim hujan, seperti obat diare, sakit kepala, flu, dan berbagai minyak angin.

Siapkan Pakaian Hangat

Musim hujan sudah pasti menyebabkan suhu udara menjadi dingin. Karena itulah perlu Anda siapkan pakaian hangat, seperti jaket, atau sweater saat bertamasya musim hujan. Bila perlu, siapkan pula topi, payung, dan jas hujan. Untuk payung sebenarnya tergantung kebutuhan, tapi untuk menghemat ruang di dalam tas/koper, kita bisa cukup menyiapkan payung kecil yang bisa dilipat.

Semoga tips bertamasya saat musim hujan di atas berguna dan Anda bisa menikmati tamasya bersama keluarga, walaupun hujan mengguyur dengan derasnya. Yuk pegi bertamasya bersama keluarga!

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar