Yogyakarta telah lama membangun reputasi sebagai salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia. Meski demikian, bukan berarti Yogya telah bertransformasi menjadi kawasan wisata mewah. Sebaliknya, daya tarik Daerah Istimewa ini tetap dapat Anda nikmati tanpa merogoh kocek dalam-dalam, asalkan Anda memperhatikan beberapa tips berikut:

1. Angkutan umum

Tips hemat yang pertama Anda bisa mengandalkan angkutan umum sebagai sarana transportasi Anda selama mengelilingi kota Yogyakarta. Ya, di sana masih banyak bus dalam kota dengan harga terjangkau. Bus transJogja dengan harga tiket Rp 3.000 untuk single trip juga dapat Anda manfaatkan untuk menjangkau beberapa tempat strategis.

2. Sewa motor vs. jalan kaki

Untuk mencapai tempat-tempat wisata yang tidak terjangkau angkutan umum, mungkin Anda perlu mempertimbangkan kemungkinan menyewa motor selama sehari penuh. Tips hemat wisata di Yogyakarta yang kedua adalah dengan harga Rp 50.000 dan meninggalkan foto copy KTP Anda sudah bisa berkeliling kota Yogyakarta sepuasnya menggunakan motor sewaan. Tapi tidak ada salahnya juga berjalan kaki menikmati suasana Yogyakarta – dimana jalanan kotanya ditata nyaman untuk para pejalan kaki.

3. Cari penginapan murah

Di Yogyakarta, Anda masih bisa menemukan banyak penginapan yang menawarkan harga kurang dari Rp100 ribu per malam untuk kamar yang bisa ditempati dua orang. Penginapan semacam ini biasanya bertipe losmen dan terletak di pinggiran kota, meski ada juga yang berlokasi di pusat kota, misalnya di dekat Keraton atau di daerah Prawirotaman. Mungkin Anda juga pernah mendengar nama jalan Malioboro. Nah, di tempat ini Anda juga bisa mencari penginapan murah dengan kocek Rp150 ribu hingga Rp300 ribu sudah bisa menginap ditempat yang nyaman. Tips hemat wisata di Yogyakarta untuk Anda salah satunya adalah jangan enggan untuk masuk ke dalam gang-gang kecil sekitar Malioboro karena penginapan murah di Yogyakarta juga banyak disana.

4. Pilih obyek wisata murah

Di Yogyakarta masih banyak terdapat obyek wisata yang bisa dinikmati dengan biaya murah atau bahkan tanpa biaya sama sekali. Anda tidak perlu membayar lebih dari Rp10.000 untuk melihat-lihat Keraton Yogyakarta, Benteng Vredeburg, atau Taman Sari. Beberapa kekhasan kota ini bahkan dapat Anda nikmati tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, misalnya Tugu Yogyakarta, suasana malam Alun-Alun Selatan Keraton Yogyakarta, dan lain-lain.

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar