Oleh-oleh dari sebuah perjalanan akan menjadi bingkisan yang berharga bagi keluarga atau seseorang yang spesial. 5 tips berikut ini adalah bagaimana caranya Anda dapat membeli oleh-oleh secara maksimal.

1. Rencanakan anggaran

Membeli oleh-oleh termasuk biaya pengeluaran dari perjalanan Anda. Ada baiknya, Anda merencanakan anggaran biaya terlebih dulu sebelum membeli oleh-oleh. Setelah itu, pisahkan uang untuk membeli oleh-oleh dari biaya perjalanan Anda. Tak hanya itu, ada baiknya Anda memisahkan biaya antara oleh-oleh untuk koleksi dan oleh-oleh untuk teman. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memisahkan kedua anggaran tersebut di dalam dompet Anda.

2. Cari informasi tempat belanja

Ada banyak tempat untuk belanja oleh-oleh, seperti mal dan pedagang-pedagang di pinggir jalan. Sebelum belanja, sebaiknya Anda bertanya kepada masyarakat sekitar tentang pusat oleh-oleh terutama yang murah. Anda bisa bertanya kepada petugas hotel tempat Anda menginap atau kepada masyarakat sekitar yang ada temui. Dapatkan informasi yang akurat. Ingat, jangan bertanya pada satu orang saja. Lebih banyak informasi lebih baik.

3. Tentukan siapa saja yang akan Anda bawakan oleh-oleh

Setelah menyusun anggaran biaya kini buatlah catatan siapa saja yang akan Anda bawakan oleh-oleh. Bukannya ‘pilih kasih’, tapi hal itu juga berpengaruh terhadap budget dan anggaran Anda selama traveling. Buatlah daftar orang yang akan Anda bawakan buah tangan seteliti mungkin. Jangan sampai oleh-oleh orang spesial Anda tertinggal ya!

4. Menawar

Inilah ilmu yang harus Anda gunakan saat belanja oleh-oleh, yaitu menawar. Tawarlah barang incaran Anda sampai Anda mendapat harga yang diinginkan. Keluarkan ilmu tawar menawar Anda dan juga gunakan bahasa lokal agar lebih murah. Selain itu, ada kalanya juga Anda cermat dalam menentukan pilihan. Oleh-oleh seperti gantungan kunci memiliki harga yang jauh lebih murah daripada kaus bergambar. Carilah barang yang murah namun bisa dinikmati oleh teman-teman Anda.

5. Jika makanan atau minuman, perhatikan kemasan dan tanggal kadaluarsanya

Makanan dan minuman khas suatu daerah memiliki rasa yang unik dan berbeda. Apalagi jika dijadikan oleh-oleh, dijamin teman-teman Anda akan suka. Untuk itu, perhatikan tanggal kadaluarsa dan juga kemasan makanan atau minuman tersebut. Pilihlah tanggal kadaluarsa yang masih jauh-jauh hari dari tanggal Anda membeli.

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar