Indonesia memang negeri yang kaya. Kekayaan tak hanya pada sumber daya alamnya, melainkan juga potensi wisata yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya tempat yang menyimpan keindahan alam adalah Kepulauan Halmahera , Maluku Utara. Kepulauan ini menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit bagi para pelancong baik  pelancong dari berbagai daerah di Indonesia maupun pelancong dari luar negeri. Para pelancong ini terpikat untuk berwisata di gugusan pulau ini. Di antara sekian banyak pulau yang ada di Kepulauan Halmahera, terdapat satu pulau yang tak pernah sepi oleh kunjungan para wisatawan. Pulau Bacan namanya. Pulau Bacan ini adalah lokasi di mana puluhan desa nan asri berada. Desa Leilei menjadi desa yang populer karena penuh dengan bangunan cottage.  Tentu pemandangan ini sangat berbeda dengan desa-desa yang lainnya. Bangunan cottage ini tak lain adalah bangunan penginapan khusus untuk para pelancong yang sedang menikmati momen liburan di Desa Leilei.

Ada yang unik dari bangunan-bangunan cottage di Desa Leilei. Bangunan cottage dibuat dengan desain arsitektur  tradisional. Sebagian besar material bangunan cottage berupa kayu. Cottage-cottage ini dibangun di atas kawasan berpasir yang putih dan indah. Landskap cottage sendiri sungguh indah. Apalagi didukung dengan keindahan alam yang tiada duanya. Pasir putih nan lembutnya serta deburan ombak pantainya yang kecil sama persis dengan keindahan pasir dan deburan ombak di sepanjang Kepulauan Halmahera.

Selain cottage yang berdiri kokoh dan megah, ada banyak fasilitas lainnya yang bisa Anda nikmati di Pulau Bacan ini. Misalnya  fasilitas jogging track yang dapat memancing Anda untuk segera melewatinya. Fasilitas jogging track ini berada di tengah-tengah rindangnya pohon-pohon nyiur. Dijamin Anda dan siapapun yang berolahraga di jogging track ini tidak akan merasa bosan. Jika Anda haus saat sedang berolahraga di kawasan jogging track ini, Anda dapat memetik buah kelapa dan meminum air kelapanya. Seketika dahaga yang Anda rasakan akan segera hilang.

pulau bacan, maluku ultara, halmahera, paket tour

Liburan di kawasan pantai di Desa Leilei kurang puas rasanya jika tidak mencoba olahraga diving atau snorkeling. Anda dapat mengikuti kegiatan snorkeling dan diving di kawasan perairan yang berada di bibir pantai. Kawasan perairan ini menyimpan ribuan bunga  karang yang masih asli alias belum pernah terjamah oleh eksploitasi manusia. Di sela-sela karang Anda akan berkesempatan melihat ikan-ikan yang bersembunyi malu-malu. Belum lagi dengan ratusan atau bahkan hewan laut lainnya. Intinya sungguh sayang jika dilewatkan begitu saja.

Desa Leilei  di Pulau Bacan juga menawarkan ragam kuliner lezat. Salah satu kuliner khas dari desa ini adalah kue angklak. Usai puas snorkeling dan diving serta mencicipi kue angklak, ada satu tujuan wisata yang sayang jika tak dikunjungi. Keraton  Sultan Bacan adalah kawasan keraton peninggalan Sultan Bacan yang berada di jantung Kota Labuha. Sekilas, struktur bangunan keraton ini mirip dengan rumah adat penduduk Bima, Pulau Sumbawa Besar.

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar