Banyak sekali orang yang kini menggunakan fitur online untuk memperoleh pelayanan yang mereka inginkan, tidak terkecuali juga booking online untuk persiapan tur atau berwisata. Bagi Anda yang suka berwisata ke berbagai tempat yang menarik, baik itu di Indonesia, maupun di luar negeri, Anda bisa menggunakan fitur online untuk membooking hotel yang hendak Anda singgahi ketika tiba di tempat tujuan tersebut. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan jasa booking online ini.

Cek Keaslian Layanan

Pertama, pastikan keaslian dari layanan tersebut. Jika Anda berniat untuk mem-booking hotel atau layanan wisata lainnya secara online, layanan tersebut harus mampu memberikan Anda bukti yang kuat bahwa tempat tersebut benar-benar ada. Hal ini bisa Anda lihat dengan melihat profil dari hotel tersebut secara langsung atau menghubungi call center yang disediakan oleh provider guna mendapatkan konfirmasi dari pemiliknya secara langsung.

Cek Budget Anda

Kedua, perhatikan berapa budget yang Anda miliki untuk menggunakan jasa online tersebut. Jangan sampai Anda mengeluarkan banyak uang hanya karena Anda salah salam menggunakan jasa online yang disediakan. Pastikan untuk memilih layanan yang benar-benar Anda inginkan dan hindarkan diri Anda memilih layanan yang tidak pasti.

Terkadang provider akan memberikan Anda pelayanan lain dengan harga yang murah, namun jika Anda benar-benar tidak membutuhkannya sebaiknya Anda jangan memakainya karena besar kemungikan nanti akan membuat Anda buang-buang uang.

Minta Kuitansi dari Provider

Ketiga, jangan lupa untuk meminta kuitansi atau bukti pembayaran usai melakukan proses booking layanan wisata via online. Dengan adanya kuitansi ini, Anda akan bisa menggunakannya sebagai bukti bahwa Anda sudah membayar layanan tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jangan lupa juga untuk menanyakan ulang kepada provider mengenai kapan Anda bisa menggunakan layanan tersebut, misalnya Anda hendak menginap di hotel, maka cek ulang lagi kapan jadwal Anda check in di hotel tersebut. Dengan demikian, ini akan menghindarkan diri Anda dari terjadinya hal-hal yang tidak menyenangkan ketika berlibur nantinya.

Keempat, ketika menggunakan booking online untuk layanan wisata, perhatikan bahwa Anda harus menggunakan layanan yang memiliki websitenya sendiri. Jangan pernah menggunakan layanan yang menumpang di website gratis orang lain atau website pemasangan iklan lainnya. Gunakan layanan yang memiliki website mereka sendiri sehingga Anda akan terhindar dari penipuan.

Perencanaan mengenai berapa lama waktu Anda berlibur juga akan membantu Anda untuk melakukan booking hotel nantinya. Banyak sekali hotel yang akan memberikan Anda penawaran harga yang murah jika Anda ingin berlibur ke sebuah tempat yang bagus dalam waktu beberapa hari. Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum Anda melalukan booking tempat wisata melalui online. Dengan melakukan booking secara hati-hati, liburan Anda akan bisa sukses.

Sumber :  www.yukpegi.com

Comments

Komentar