Apakah Anda berencana mengadakan perjalanan ke luar kota atau ke luar negeri dalam waktu dekat? Perjalanan ke luar kota untuk mengunjungi sanak saudara atau sekedar berwisata ke berbagai area wisata di suatu daerah akan semakin ramai saat liburan sekolah tiba. Ya, liburan panjang akhir tahun pelajaran sekolah kini semakin dekat saja. Apalagi waktu liburan berdekatan dengan bulan Ramadhan. Bisa dipastikan jalanan antar kota akan semakin macet oleh angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Hotel merupakan tempat penginapan yang dinilai paling nyaman dan tepat bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang memiliki dana berlebih. Menginap di hotel tentunya menjadi pilihan tersendiri mengingat fasilitas dan kenyamanan dapat dijamin. Booking hotel kini tidak lagi dilakukan hanya lewat telepon, namun hal ini kini dapat dilakukan secara online lewat berbagai situs hotel di internet. Namun. Booking hotel lewat internet juga perlu Anda lakukan dengan waspada dan hati-hati mengingat di internet terdapat risiko beberapa oknum yang sering berulah dengan mengatasnamakan hotel dan masih banyak lagi. Uang Anda hilang, hotel pun tak Anda dapatkan.

Kelebihan Booking Hotel Secara Online

Sebelum kita bahas tips aman membooking hotel lewat internet, mari kita simak terlebih dahulu berbagai kelebihan yang Anda dapatkan lewat internet :

1. Booking hotel lewat internet akan lebih memudahkan Anda dan penyedia jasa informasi hotel dalam bertransaksi. Dengan menggunakan fasilitas live chat yang disediakan di situs tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pulsa telepon untuk membooking hotel. Cukup dengan mencari informasi di situs dan operator tersebut, Anda dapat langsung mendapatkan kamar yang diinginkan.

2. Lewat internet Anda dapat memilih hotel yang Anda rasa paling pas dan tepat untuk Anda dan keluarga. Dengan browsing terlebih dahulu Anda dapat memilih hotel mana yang paling cocok untuk Anda dari segi fasilitas, harga, pelayanan, dan sebagainya.

3. Anda dapat mengetahui harga pasti biaya inap hotel dan membandingkannya dengan harga hotel lainnya di kota tujuan Anda. Dengan metode ini Anda dapat berhemat.

4. Anda tidak perlu repot ke bank untuk melakukan pembayaran karena pembayaran dapat dilakukan secara online dengan memasukkan nomor kartu kredit pada kolom yang tersedia.

Tips Booking Hotel Online yang Aman

Berikut ini beberapa tips bagi Anda agar aman dalam memilih hotel yang tepat :

1. Pilihlah hotel yang jelas dari segi alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, alamat Facebook (jika ada). Hal ini dapat Anda lakukan lebih lanjut dengan mencoba mengetik nama penyedia jasa (agensi) hotel di mesin pencari Google untuk lebih memastikannya.

2. Saat Anda browsing di Google, lihatlah pula apakah ada blog yang membahas pengalaman dalam menggunakan jasa agensi tersebut. Jika semua berkata positif, maka Anda patut mempercayainya.

3. Telitilah kebijakan cancellation atau pembatalan jikalau Anda batal melakukan booking atau justru agensi tersebut yang membatalkan booking secara sepihak. Disini Anda cermati kinerja profesionalitas agensi tersebut bersama jaminannya.

4. Demi keamanan akun Anda di bank, ada baiknya Anda miliki rekening di Paypal atau semacamnya yang khusus ditujukan untuk online transaction seperti booking hotel pada kasus ini.

5. Periksa konfirmasi pemesanan hotel Anda apakah jelas dan bisa dipertanggungjawabkan atau tidak.

Sudah siap untuk memesan hotel pilihan Anda dari sekarang?

Gambar: webconnectionasia.com

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar