Melakukan estimasi budget sebelum Anda pergi berwisata merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Untuk Anda yang ingin berwisata ke Karimun Jawa, berikut ini ada informasi yang bisa Anda dapatkan mengenai biaya keberangkatan ke pulau tersebut. Pertama, apabila Anda hendak berangkat dari Jakarta, Anda bisa menggunakan transportasi darat yaitu bus menuju ke Jepara atau ke Semarang. Bisa juga Anda menggunakan kereta ke Semarang. Bagi Anda yang memilih menggunakan bus atau kereta, maka pilihlah bus yang melewati Pulo Gadung atau Lebak Bulus, sedangkan untuk kereta bisa dari stasiun Jatinegara atau stasiun Senen dengan tujuan kota Semarang. Harga tiketnya berkisar antara 100.000 rupiah hingga 130.000 rupiah. Anda juga bisa berangkat dari stasiun Gambir dengan kereta eksekutif yaitu Gumarang atau kereta api Argo Anggrek yang memiliki tarif 200 ribu hingga 250 ribu saja.

Untuk Anda yang pergi dengan menggunakan bus AC Shantika, Anda akan bisa pergi ke tempat tujuan dengan lama perjalanan 12 jam. Biaya yang Anda keluarkan hanya 120.000 hingga 150.000 rupiah saja. Setelah tiba di semarang, Anda bisa menuju ke Karimun Jawa dengan menggunakan kapal cepat kartini I dari semarang. Tarif kapal ini adalah 110.000 rupiah untuk yang kelas bisnis dan 135.000 untuk kelas eksekutif. Kemudian Anda juga bisa memilih untuk berangkat ke Karimun Jawa dengan menggunakan KMP Muria dengan tarif ekonomi 30.500 rupiah atau VIP dengan tarif 60.250 rupiah.

Biaya Penginapan dan Makanan di Karimun Jawa

Setelah tiba di Karimun Jawa, Anda mungkin ingin melepas lelah sejenak di penginapan yang tersedia di sana. Di sini Anda bisa memilih homestay, hotel, wisata apung atau bungalow yang akan memberikan Anda tempat untuk beristirahat dengan tarif 80.000 rupiah untuk satu malamnya. Bagi Anda yang lapar dan ingin memakan makanan khas Karimun Jawa, Anda bisa membelinya di warung-warung terdekat di tempat ini, salah satunya yang paling terkenal adalah warung ester, dimana harga makanannya cukup murah yaitu 3000 hingga 10.000 rupiah saja.

Biaya Paket Liburan Karimun Jawa

Estimasi Budget Liburan ke Karimun Jawa

Bagi Anda yang ingin menyewa perahu motor, Anda harus siap untuk menyediakan budget sebesar 400 ribu untuk menyewa satu perahu motor dengan waktu satu hari. Kemudian ada juga guide yang berasal dari penduduk lokal Karimun Jawa yang akan memandu Anda selama berwisata di pulau ini dengan tarif hanya 150.000 rupiah saja. Anda juga bisa menyewa snorkel gear dengan tarif 25.000 rupiah saja per harinya.

Untuk Anda yang ingin berwisata ke Karimun Jawa dengan biaya lebih murah lagi disarankan untuk berwisata dengan menggunakan paket saja. Harga paket dimulai dari 350.000 rupiah untuk satu orang dengan lama wisata 4 hari 3 malam, sudah termasuk dengan transportasi dan juga konsumsi, plus tempat penginapan pula.

Gambar: wisata.kompasiana.com; iskandarfamily.blogspot.com

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar