Berbeda jauh dengan kepopuleran ayam dan bebek betutu khas Bali. Tidak banyak orang tahu tentang dua makanan tradisional ini. Kedua makanan ini adalah kuliner tradisional khas Aceh Tengah (Gayo).  Tak lekang oleh perkembangan zaman dan pudarnya kecintaan masyarakat terhadap kuliner tanah air. Dua kuliner ini tetap menjadi idola hingga kini di kalangan masyarat Gayo. Apa saja kuliner tersebut, yuk kita kenali dua kuliner ini.

1. Pengat

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pengat adalah lauk yang terbuat dari ikan mujair (bisa juga memakai ikan depik) berbumbu kunyit dan cabai merah. Ikan depik atau mujair yang diolah sebagai bahan baku kuliner ini mudah didapat di daerah asalnya. Pengat juga dibagi dua jenis yakni memakai kuah dan kering. Kuliner ini menjadi makanan yang akan Anda temui saat berada di dataran tanah Gayo, Aceh Tengah.

2. Masam Jing

Yukpegi-31f-Aceh Tengah- Asam Jing dan Pengat-2

Masam Jing adalah sayur yang dibuat untuk menemani sajian Pengat. Sayur ini khas karena memakai bahan unik yang sulit ditemukan di Jakarta atau kota besar lainnya, nama bahan unik itu adalah Terpuk. Sejenis tumbuhan atau pucuk tumbuhan yang berbau sedap dan berasa nikmat. Rasa dari masam jing itu sendiri adalah asam dan pedas, karena itulah sayur ini dinamakan masam jing (masam: asam, jing : pedas).

Dua masakan tersebut tetap menjadi idola masyarakat Gayo hingga saat ini. Dua kuliner lezat ini selalu tersaji dalam acara besar masyarakat Gayo. Mereka menyebut kedua makanan ini adalah simbol, tanpa Pengat dan Masam Jing, Aceh Tengah bukanlah Gayo.

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar