Ambon merupakan ibu kota dari provinsi Maluku, Indonesia. Kota Ambon yang dikenal dengan nama Ambon Manise ini adalah kota terbesar yang dimiliki kepulauan Maluku. Saat ini kota Ambon menjadi pusat pengembangan bisnis, pelabuhan, pariwisata dan pendidikan di provinsi Maluku. Bicara tentang kebudayaan, kota Ambon memiliki beberapa tarian yang menjadi ciri khas budaya mereka.

Seni dan budaya masyarakat Maluku identik dengan nyanyian dan tarian. Maluku banyak mencetak penyanyi bersuara emas, pemusik dan penari yang sudah dikenal hingga mancanegara

1. Tari Bambu Gila

Yukpegi-37f-Ambon-Beragam-Tarian-Sebagai-Wisata-Budaya-Ambon-1

Tarian yang pertama adalah tari bambu gila, tarian ini tergolong sebagai tradisi yang unik dari Ambon, Maluku. Tari ini dimainkan oleh 6 pemuda dengan sepotong bambu yang sudah dimanterai oleh dukun. Bambu yang sudah dimanterai itu akan bergerak sesuka hatinya dan 6 pemuda itu harus tetap memegang erat bambu kemanapun bambu itu bergerak. Wisata budaya ini dimainkan pada acara-acara tertentu sebagai hiburan untuk para tamu yang datang.

2. Tari Cakalele

Yukpegi-37f-Ambon-Beragam-Tarian-Sebagai-Wisata-Budaya-Ambon-2

Tari cakalele adalah tarian perang masyarakat Maluku. Itu karena tarian yang ditarikan oleh para pemuda, pria dewasa, pemudi dan wanita dewasa ini menyerupai gerakan perang masyarakat Maluku. Tarian ini memang digambarkan sesuai dengan suasana pada peperangan dalulu kala di Ambon. Kostum dari para penari adalah merah yang merupakan cermin dari sebuah keberanian. Penari yang menarikan tarian ini menari dengan memegang parang, salawaku sebagai perisai masyarakat Maluku.

3. Tari Katreji

Yukpegi-37f-Ambon-Beragam-Tarian-Sebagai-Wisata-Budaya-Ambon3

Tarian ini adalah wisata budaya berbentuk tarian pergaulan masyarakat Maluku. Gerak tari pada wisata budaya Ambon ini dipadu dengan kebudayaan Negara Eropa (Portugis & Belanda). Dahulu tarian ini biasa digelarkan pada acara penting saja seperti pengangkatan kepala Desa. Kini tarian Katreji menjadi tarian rakyat yang sering digelar pada acara-acara rakyat di Ambon, Maluku. Tari Katreji pernah jadi pengisi acara di meriahnya Festival Teluk Ambon 2012.

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar