Pulau Siberut merupakan salah satu pulau yang berada di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Pulau Siberut disinyalir sebagai pulau terbesar di Kepulauan Mentawai. Letak pasti pulau ini adalah di lepas pantai daerah Sumatera Barat. Pulau Siberut dipisahkan oleh Selat Mentawai.

Untuk sampai ke Pulau Siberut, Anda harus menempuh perjalanan sepanjang 155 km dari kota Padang. Perjalanan dapat dtempuh menggunakan perahu dengan alokasi waktu belasan jam. Namun, Anda tidak perlu risau karena selama perjalanan Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam yang eksotis. Bagi para penjelajah, keindahan alam ini menjadi tantangan tersendiri untuk ditelusuri lebih dalam.

Sesampainya di Pulau Siberut, Anda akan disuguhi pemandangan kehidupan alam di Taman Nasional Siberut. Keunggulan Taman Nasional ini adalah menawarkan pengalaman baru tekait kekayaan budaya, adat istiadat, dan alam dari Suku Mentawai yang mendiami Pulau Siberut. Kehidupan masyarakat Suku Mentawai menjadi daya tarik wisata terbesar bagi Pulau Siberut.

Suku Mentawai merupakan suku yang ada di Pulau Siberut. Pulau Siberut dihuni oleh tiga puluh ribu masyarakat Suku Mentawai. Hidup suku ini terisolasi dar kehidupan luar.

suku mentawai, taman nasional siberut, paket tour, sumatera barat

Menurut sejarah, masyarakat Suku Mentawai baru ditemukan pada tahun 1621 oleh warga Belanda yang datang ke Indonesia. Pada awalnya, masyarakat Suku Mentawai merupakan penduduk Nias. Mereka bermigrasi ke Pulau Siberut dan tinggal menetap di sana. Pada perkembangannya mereka hidup terisolasi dari peradaban luar sampai berabad-abad lamanya.

Kehidupan alam di Taman Nasional Siberutmerupakan gambaran kehidupan Suku Mentawai. Mereka tinggal di rumah panggung yang terbuat dari kayu. Satu rumah panggung dapat dihuni oleh beberapa kepala keluarga sekaligus. Mereka hidup bersama dalam satu atap sejak pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Siberut.

Karena terisolasi dari peradaban, masyarakat Suku Mentawai masih kuat mempertahankan tradisi turun-temurun dari  leluhur mereka. Mereka memiliki bahasa, budaya, dan adat istiadat tersendiri dan masih berpaham animisme. Pakaian mereka pun masih terbuat dari bahan alami. Cawat dari kulit pohon sukun untuk penutup laki-laki dan rok dari daun pisang untuk dipakai wanita. Ciri khas mereka adalah memiliki tato di sekujur tubuh.

Mereka hidup dari beternak babi dan berburu monyet sebagai santapan sehari-hari. Pekerjaan sehari-hari mereka adalah membuat sagu sebagai makanan pokok, membuat tato di sekujur tubuh, berburu, membuat racun panah, melakukan ritual adat, melakukan ritual pengobatan oleh dukun, dan membuat pakaian tradisional.

Untuk sampai ke Pulau Siberut, Anda harus melakukan jelajah kehidupan alam di Taman Nasional Siberut, Anda harus memperoleh izin berkunjung dari Kantor Taman Nasional Siberut. Untuk Anda yang ingin ke Pulau Siberut, ada jadwal pelayaran reguler dari dan ke Padang. Perjalanan ini akan menjadi perjalanan yang menantang karena melewati hutan, tanah berlumpur, dan pohon-pohon khas daerah tropis.

suku mentawai, taman nasional siberut, paket tour, sumatera barat

 

 

 

 

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar