Untuk Anda yang mengaku penggemar kopi belum lengkap rasanya kalau belum pernah merasakan nikmatnya Kopi Amungme asli Timika, Papua. Kopi Amungme merupakan kopi jenis arabika yang tanam dan dibudidayakan oleh Suku Amungme yang bermukim di Timika, Papua. Budidaya kopi memang merupakan mata pencaharian Suku Amungme yang pada tahun 2006 mendapat bantuan dari PT Freeport Indonesia dalam hal pengolahannya.

Menurut sebuah kabar, karena sangat nikmat, Kopi Amungme mulai dilirik oleh sebuah perusahaan kedai kopi internasional. Namun permintaan yang banyak membuat pabrik pengolahan Kopi Amungme saat ini belum berani menerima permintaan kerjasama seperti yang mereka tawarkan. Kalau pabrik pengolahan Kopi Amungme sudah menyatakan sanggup bukan tidak mungkin kenikmatan Kopi Amungme bisa dinikmati tidak hanya oleh orang Indonesia, tapi juga dunia internasional.

 YukPegi-27g-Nikmatnya-Kopi-Amungme-Asli-Timika-2

Kopi Amungme terkenal sangat harum karena dalam pembudidayaannya tidak menggunakan bahan kimia seperti pestisida. Para petani Kopi Amungme hanya memberi pupuk organik dalam merawat tanaman kopinya. Saat ini pabrik pengolahannya menjual Kopi Amungme dalam bentuk  olahan yang berupa bubuk halus, bubuk yang masih kasar dan ada juga yang masih berbentuk biji kopi. Bila Anda membeli kopi bubuk yang masih kasar, ampasnya masih bisa diolah menjadi minuman kopi sekali lagi.

Tertarik mencicipinya? Rasanya cukup sulit bila tidak langsung membelinya di Timika karena Kopi Amungme tidak didistribusikan keluar pulau Papua. Jadi kalau ingin mencicipinya kita harus membelinya langsung di daerah asalnya. Di pasar swalayan yang ada di Timika kita bisa membelinya di kisaran harga Rp. 80.000 dan kalau ingin lebih murah bisa membeli langsung di pabriknya dengan harga sekitar Ro. 45.000. Yuk kalau ada waktu berlibur ke Timika dan mencicipi nikmatnya Kopi Amungme langsung di tanah Papua!

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar