Museum pribadi miliki seorang kurator dan kolektor seni rupa bernama Oei Hong Djien (OHD) ini berada di kota Magelang, Jawa Tengah. Museum ini menampilkan karya-karya dari lima maestro pelukis Indonesia. Karya-karya seni yang ditampilkan di museum ini antara lain lukisan, sketsa, dan patung kayu.

Pada tanggal 23 April 2012 lalu, museum ini pernah masuk dalam Guiness Book of Record karena keunikannya. Salah satunya adalah bangunan yang digunakan museum ini dulunya adalah gudang tembakau pertama di dunia. Lima maestro pelukis Indonesia yang karyanya di pamerkan di museum ini yakni Affandi, S. Sudjojono, Hendra Gunawan, H. Widayat, dan Soedibio. Karya-kaya lukisan tersebut ada yang dari tahun 1940-an terutama tentang kemerdekaan Indonesia.

 OHD Museum, Berisi Karya Seni Rupa yang Sangat Artistik

Ketika pertama kali dibuka yakni pada 5 Maret 2012, museum ini memiliki sekitar 50 lukisan, 50 sketsa, dan beberapa patung kayu. New OHD Museum dibuka setiap hari kecuali hari selasa, dari jam 10.00 sampai dengan 18.00. Museum ini terletak di Jalan Jenggolo No. 14 Magelang.

Selagi berkunjung ke kota Magelang jangan lupa untuk mengunjungi Candi Borobudur yang terkenal baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dalam satu tujuan, bisa singgah di dua tempat bersejarah di Magelang.

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar