Sebagai warga negara Indonesia pasti kita kecewa dan marah saat ada negara tetangga yang mengaku serumpun mengklaim kesenian asli Indonesia, Reog Ponorogo. Kesenian ini merupakan seni budaya asli Indonesia yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur. Karena sangat bangga dengan kesenian asli daerah mereka, bila kita masuk ke kota Ponorogo kita akan disambut oleh sebuah gerbang kota yang dihiasi dengan 2 sosok yang biasa tampil pada saat kesenian reog dipertunjukkan, warok dan gemblak.

Dalam pertunjukan reog yang sampai saat ini masih sangat lekat dengan hal yang berbau ilmu kebatinan dan mistik ini, biasanya dibuka dengan tarian pembuka yang dilakukan oleh penari-penari yang masih anak-anak dan membawakan adegan lucu yang bernama Ganongan (Bujang Ganong). Setelah tarian pembuka, dilanjutkan dengan adegan inti yang isi ceritanya disesuaikan dengan acara di mana reog dipertunjukkan. Bila pernikahan maka biasanya bercerita tentang adegan percintaan dan bila sunatan atau khitanan, ceritanya seputar keperkasaan seorang pendekar.

Setelah adegan inti, pertunjukan reog diakhiri dengan singa barong, yang dilakukan oleh seseorang yang memakai topeng berwujud singa bermahkota bulu merak. Tidak semua orang bisa mengangkat topeng ini karena beratnya mencapai sekitar 50 kg dan dibawa dengan gigi. Seorang penari singa barong harus berlatih dengan keras disertai dengan latihan spiritual, seperti tapa dan puasa.

Anda belum pernah menyaksikan pertunjukan reog secara langsung? Silakan saksikan cuplikan pertunjukan reog di video berikut:

 

 

 

Sumber : www.yukpegi.com

Comments

Komentar