Liburan ke Yogyakarta tidak lengkap jika belum mengunjungi Candi Prambanan dan menyaksikan Sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana merupakan wisata seni budaya Jawa Tengah yang menceritakan tentang cinta segitiga Rama, Shinta, dan Rahwana. Pagelaran seni budaya ini sayang jika dilewatkan begitu saja.

Wisata seni budaya Jogja yang diadakan di Candi Prambanan ini dipertunjukkan dalam 2 jenis panggung yakni, panggung outdoor dan panggung indoor. Tetapi, wisatawan yang datang lebih menyukai jika sendratari ini diadakan di outdoor. Karena panggung outdoor berlatar belakang pemandangan Candi Prambanan secara langsung.

yukpegi-70f-Yogyakarta-Sendratari Ramayana-2

Dalam setiap pagelarannya, Sendratari Ramayana melibatkan setidaknya 200 orang penari. Tata lampu, musik gamelan, dan sinden yang menggambarkan jalan cerita juga berada sepanggung dengan para penari. Ini karena, para sinden tersebut yang akan berdialog dan bercerita dengan bahasa Jawa serta diiringi oleh lantunan lagu. Para penari hanya melakonkan apa yang diceritakan oleh sinden.

Dalam pertunjukan Sendratari Ramayana, cerita yang paling ditunggu adalah kisah percintaan Rama, Shinta, dan Rahwana. Kisah pewayangan tersebut memang sudah menjadi identitas pertunjukan ini. Keindahan budaya khas Jawa Tengah ini menyatu dengan musik sebagai harmonisasi yang sangat apik. Untuk bisa menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana, Anda harus mengeluarkan uang sebesar 100-400 ribu.

Sumber : www.yukpegi.com 

Comments

Komentar