Hampir semua provinsi di Indonesia memiliki seni dan budaya yang beragam. Begitu juga provinsi Jawa Tengah. Berikut adalah beberapa seni dan budaya khas Jawa Tengah yang masih bertahan hingga saat ini.

Wayang Kulit

seni-budaya-jawa-tengah-wayang

 Kesenian ini sudah ada dari dahulu, bahkan sebelum kebudayaan Hindu masuk ke nusantara. Namun dahulu kesenian ini belum berkembang. Pada zaman Hindu Jawa lah kesenian ini berkembang pesat. Seni wayang bisa dikatakan sebagai salah satu sisa-sisa peninggalan upacara keagamaan orang Jawa yang mempercayai kepercayaan animisme dan dinamisme.

Sampai saat ini kesenian wayang, khususnya wayang kulit, masih dipertunjukkan di pusat-pusat dan gedung-gedung kesenian. Kesenian ini memiliki penggemar yang selalu setia menyaksikan pertunjukkan wayang semalam suntuk.

Tarian Jawa

seni-budaya-jawa-tengah-tari-daerah

Berbeda dengan tarian saat ini yang bersifat spontan dan sederhana, tarian jawa dan tarian tradisional lainnya biasanya mempunyai standar yang cukup rumit, halus, dan simbolis. Untuk tarian Jawa yang kebanyakan adalah ciptaan para raja ada dua jenis tarian Jawa yang masih eksis hingga saat ini, Wayang Wongdan Tari Bedhaya Ketawang.

Keris Jawa

seni-budaya-jawa-tengah-keris

Keris adalah simbol kejantaan bagi kalangan masyarakat di Jawa, khususnya Jawa Tengah. Bahkan dahulu jika ada pengantin pria yang berhalangan hadir dalam upacata temu pengantin karena suatu sebab yang tidak bisa dihindari, pengantin pria tersebut bisa diwakili oleh sebilah keris. Pada hari satu Sura, masyarakat Jawa mengirabkan pusaka unggulan (keris) keraton keliling kota. Hal ini sudah merupakan kepercayaan dan agenda tetap di kalender masyarakat Jawa.

Sumber :  www.yukpegi.com

Comments

Komentar