Ludruk adalah kesenian berupa drama tradisional dari Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Wisata seni budaya ini merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sekelompok orang dalam grup kesenian. Biasanya pagelaran ludruk diadakan di sebuah panggung seni dengan tema kehidupan rakyat sehari-hari yang diselingi guyonan (lawakan) dan diiringi musik gamelan.

Dialog atau monolog yang digunakan dalam setiap pagelaran ludruk hanya bersifat menghibur dengan niat membuat para penonton tertawa bahagia. Bahasa yang digununakan adalah bahasa khas Surabaya. Tapi tak mesti dengan bahasa Surabaya saja, karena terkadang ludruk mendatangkan bintang tamu dari daerah lain seperti Malang, Jombang, Madiun dan Madura, tentu saja akan semakin meriah dengan logat yang berbeda. Bahasa lugas yang digunakan pada setiap pagelaran ludruk, membuat kesenian khas Surabaya ini mudah diserap oleh kalangan nonintelek.

Sejumlah seniman  "Irama Budaya" menabuh gamelan saat berlangsung pertunjukan ludruk di gedung Irama Budaya,  Wonokromo. Surabaya,

Sebelum ludruk tampil menghibur, biasanya dimulai dengan Tari Remo yang diselingi dengan pementasan Pak Sakera, yaitu peran seorang tokoh jagoan Madura. Wisata budaya khas Surabaya, Jawa Timur ini berbeda dengan ketoprak atau wayang kulit yang menjadi seni budaya khas Jawa Tengah. Cerita dalam seni ketopraksering diambil dari kisah sejarah atau dongeng zaman dulu yang bersifat penyampaian pesan tertentu. Yuk nonton ludruk, untuk melestarikan kesenian tradisional Jawa Timur yang semakin tergerus Zaman.

Comments

Komentar