reportase : Yogi Wirawan

 

indonesiamagz.com – Di Kecamatan Kokap, Kulonprogo, tepatnya di desa Hagrowilis ada destinasi wisata yang belum banyak orang ketahui, namanya Desa Wisata Kalibiru. Dari Wates – ibukota Kulonprogo – desa ini berjarak hanya 10 km, sedangkan dari Kota Yogyakarta jaraknya sekitar 40 km dan diperlukan waktu tempuh 60-90 menit. Diperlukan nyali yang besar untuk menuju desa yang berada di ketinggian 450 mdpl ini. Jangan lupa pastikan kendaraan dalam kondisi prima karena terdapat jalur menanjak sepanjang 2,5 km mulai dari Waduk Sermo.

IMG_20150719_064130

Selain melalui Wates, Kalibiru dapat ditempuh via Clereng. Namun rute melalui Clereng jarak tempunya relatif lebih jauh, jalannya pun sepi dan naik turun khas perbukitan. Ketika musim hujan diperlukan kewaspadaan ekstra karena jalannya berada di antara tebing dan rawan longsor.

Dulunya Kalibiru – yang berada di kawasan perbukitan Menoreh – merupakan hutan lindung yang belum dijamah manusia. Seiring berjalannya waktu, banyak pembalakan liar sehingga pada tahun 1997 Kalibiru menjadi gersang dan tandus. Karena kondisi tersebut warga sekitar berinisiatif mengelola Kalibiru agar kembali hijau. Setelah lima tahun dikelola, upaya masyarakat membuahkan hasil, Kalibiru pun akhirnya dibuka sebagai desa wisata di tahun 2008.

IMG-20151021-WA000

Menariknya, Kalibiru adalah desa wisata yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat. Diawali dengan membangun jalan setapak, kemudian diikuti pembangunan berbagai fasilitas pendukung, seperti sarana MCK, joglo pertemuan, gardu pandang, dan cottage. Bangunan pun tidak ada yang terbuat dari beton, semuanya menggunakan bahan alami seperti bambu atau kayu dan dirancang sesuai arsitektur Jawa kuno.

Kalibiru tidak hanya menawarkan keindahan alam, beragam aktivitas seperti outbond, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata pedesaan, dan wisata keluarga pun bisa dinikmati. Jika ingin menikmati salah satu masterpiece Yang Maha Esa, cobalah trekking atau menuju gardu pandang. Mata seakan tak ingin berkedip melihat hamparan hijau berpadu dengan lekuk garis pantai dan kegagahan Waduk Sermo. Untuk dapat menikmati itu semua, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp 10 ribu. Sangat terjangkau bukan?

Comments

Komentar