indonesiamagz.com – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTT) memiliki banyak potensi pariwisata. Mulai dari pulau komodo, danau Kelimutu yang memiliki tiga warna serta taman laut yang berada di Alor. Guna meningkatkan serta mempromosikan NTT, Provinsi yang berbatasan langsung dengan Timor Leste ini akan mengadakan Tour de Timor Indonesi (TdT) 2015. TdT merupakan hasil kerjasama Pemprov NTT, Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) dan DHXPLORE selaku event organizer (EO)

Acara yang baru pertama kali diadakan ini akan berlangsung dari tanggal 16 hingga 19 Desember 2015. TdT berbeda dengan gelaran sport tourism seperti Tour De Singkarak, TdT mengusung wisata minat khusus bersepeda (touring dan racing). Acara yang menambil start dari Atambua dengan etape rutenya melalui Kefmenanu, Soe dan Kupang ini berjarak 320 kilometer.

Kementrian Pariwisata melalui Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara, Esthy Rekho Astuti dalam Jumpa Pers TdT 2015 mendukung penuh event sport tourism ini. “Kemenpar memfasilitasi bagi daerah untuk melakukan promosi. Serta mendukung dan mempromosikan sektor pariwisata di NTT untuk menjadi sektor unggulan, sebab sport tourism sangat efektif sebagai sarana untuk mempromosikan daerah tujuan wisata agar lebih dikenal di mancanegara,” terang Esthy di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (22/10/2015).

“Kita ingin menjadi NTT sebagai gerbang pariwisata Indonesia. NTT terdiri 1190 pulau yang memiliki keunikan sendiri. Kita menggunakan tools sport tourism untuk mempromosikan alam budaya di Indonesia khususnya NTT,” tambah Frans Lebu Raya, Gubernur NTT.

Posisi NTT yang strategis berbatasan langsung dengan Australia dan Timor Leste serta berada dijalur pelayaran internasional, menjadi pertimbangan dalam menetapkan branding kepariwisataan daerah yakni NTT ‘New Tourim Teritory’. Muhammad Indra

Comments

Komentar