Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Banten akan menyelenggarakan Festival Tanjung Lesung pada 30 – 31 Oktober 2015. Festival ini bertujuan untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan dalam dan luar negeri ke provinsi yang terletak tepat di sebelah barat Jakarta dan di seberang Gunung Api Krakatau.

Festival Tanjung Lesung menghadirkan beraneka kegiatan olah raga air, terutamanya adalah balap bagan atau balap perahu menyusuri pantai kawasan Tanjung Lesung. Balap Bagan akan dimulai dari Pantai Kerang di kecamatan Panimbang, kabupaten Pandeglang dan berakhir di Beach Club, pantai yang berada di dalam kawasan Pariwisata Tanjung Lesung.

Balap Bagan akan menggunakan perahu nelayan yang di atasnya terdapat kerangka bagan (tempat menangkap ikan) yang dapat ditumpangi sebanyak 20 orang. Panitia Festival Tanjung Lesung 2015 menyiapkan sebanyak sepuluh unit perahu bagan untuk diperlombakan. Peserta lomba adalah pelaku kepariwisataan serta dari masyarakat setempat.

Ada tiga kategori yang akan diperlombakan dalam balap bagan ini, yaitu : pemenang tercepat, pemenang dengan dekorasi yang paling indah, dan pemenang yang berhasil membawa ikan sebanyak-banyaknya ketika sampai di garis finish.

Selama perlombaan Balap Bagan, festival ini akan menampilkan Parade Nelayan, Festival Budaya, Parade Sepeda Hias, Pameran Produk UMKM, serta pertunjukkan film hasil kreasi para sineas muda Banten dengan judul “Jawara Kidul” dan “Perempuan Lesung”. Selain itu, festival ini juga menggelar Pesta Bakar Ikan di Beach Club Tanjung Lesung, serta penanaman terumbu karang di Pulau Liwungan.

Comments

Komentar