Reportase : Muhammad Indra

Indonesiamagz – Bali merupakan gerbang pariwisata Indonesia tidak hanya terkenal dengan pantai Kuta saja. Pantai kuta saat ini sudah ramai sekali dengan wisatawan, memang pantai Blue Point Beach yang satu ini juga tidak terlalu sepi, mengapa demikian? Karena ombak dipantai ini menjadi salah satu surga untuk peselancar.
Blue Point beach, atau pantai Suluban terletak di Uluwatu, area Selatan Bali, tepatnya di Desa Pecatu. Selain terkenal sebagai Pantai Suluban, pantai ini juga biasa disebut Blue Point. Nama Blue Point ini didapat karena pantai menawan yang kerap disebut sebagai kampung bule ini berada dekat dengan Blue Point Bay Villas and Spa. Kata suluban berasal dari bahasa Bali, yaitu menyulub yang artinya berjalan atau lewat di bawah sesuatu. Pemberian nama ini disesuaikan dengan ciri khas pantainya dimana untuk sampai di pesisir pantai berair jernih berwarna biru ini.

Tangga menuju bibir pantai dihimpit dua tebing
Tangga menuju bibir pantai dihimpit dua tebing

Untuk sampai bibir pantai Blue Point kita perlu menuruni anak tangga melewati banyak cafe dengan pemandangan pantai. Dari atas Blue Point sudah terlihat menarik, ada tebing yang dijadikan cafe, kontras bersebelahan dengan cekungan pantai dimana air laut terlihat belang dua warna, dan bening sekali, setelah melewati beberapa warung dan café, kita masih perlu melewati lorong atau celah sempit di antara batuan karang raksasa. Beberapa karang bahkan serupa gua yang seolah menjadi pintu masuk ke pesisir pantai.

Blue Point Beach

Menuju Pantai Blue Point dapat ditempuh sekira 1 jam perjalanan dari Denpasar. Jarak pantai Suluban dari kota Denpasar adalah 32 kilometer ke arah selatan melalui kawasan wisata Kuta, Bandara Ngurah Rai Tuban, dan Desa Jimbaran. Jika kita dari kawasan Kuta kita menuju ke Jalan Raya Uluwatu, arahkan kendaraan anda menuju Pura Uluwatu, sebelum memasuki kawasan pura Uluwatu kita akan menemui pertigaan menuju ke pantai Padang-Padang dan Blue Point, arahkan kendaraan anda kesebelah kanan. Setelah menemui pantai padang-padang anda masih harus lurus lagi sekitar 1 km untuk menuju Pantai Blue Point.

Pasirnya putih sehingga cocok untuk bermain atau berjemur
Pasirnya putih sehingga cocok untuk bermain atau berjemur

Pantai ini sangatlah indah, jangan lewatkan untuk mengabadikan moment, serta jagalah kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bukan hal memberatkan apabila kita menyimpan dahulu sampah yang dibawa untuk kemudian membuangnya dikeranjang sampah.

Comments

Komentar