Indonesia akan menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Arung Jeram atau World Rafting Championship 2015 (WRC 2015) pada 28 November-8 Desember 2015 di Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat. Kejuaraan ini akan diikuti 60 negara dan sekira seribu peserta.

Kompetisi WRC 2015 akan dikelompokkan menjadi kategori pria dan wanita yang terbagi menjadi empat divisi yaitu kelompok usia junior (usia 16-19 tahun), kelompok usia muda (19-23 tahun), kelompok terbuka (semua umur) dan kelompok master (40 tahun ke atas). Indonesia berencana untuk berpatisipasi di semua nomor dengan mengirimkan 7 tim untuk bersaing di kejuaraan tersebut.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah merupakan suatu kebanggaan karena ada penilaian khusus dari International Rafting Federation‘s (IRF). Indonesia berhasil menyingkirkan dua kandidat tuan rumah lainnya yaitu Australia dan Brasil.

Sungai ini (Citarik) memiliki keunggulan dari segi tantangan dibandingkan sungai serupa di belahan Bumi lainnya. Selain itu, sungai ini juga memenuhi standar International Rafting Federation (IRF).

Keputusan mengikutsertakan Indonesia sebagai tuan rumah WRC 2015 sudah dimulai tahun 2001 ketika FAJI mengirim atlet untuk berpartisipasi dalam kejuaraan arung jeram dunia. Setelah itu secara bertahap tim Indonesia menjadi pembicaraan internasional karena dianggap memiliki gaya yang unik dibanding peserta dari negara lain.

FAJI kemudian menawarkan diri menjadi tuan rumah WRC 2015 dan berhasil memenangkannya melalui sejumlah survei bersama beberapa sungai yang menantang di Indonesia. IRF pun memutuskan Sungai Citarik menjadi pemenang.

FAJI dan Kabupaten Sukabumi telah berkoordinasi untuk mempersiapkan semua yang diperlukan dalam acara tersebut, termasuk menyediakan dan meningkatkan fasilitas yang dibutuhkan di sekitar lokasi Sungai Citarik.

Comments

Komentar