indonesiamagz.com – Teater Koma, salah satu teater yang  masih aktif memproduksi karya seni pertunjukan.  Banyak seniman berbakat telah dilahirkan teater yang sudah 38 tahun eksis berkiprah. Konsistensi yang dihadirkan oleh Teater Koma terbukti menginspirasi para seniman muda Indonesia untuk senantiasa berkarya dan berkreasi, menghasilkan ide-ide berkualitas yang membanggakan.

Pementasan yang disadur dari naskah teater klasik Rusia berjudul Revizor karya Nikolai Gogol ini menceritakan tentang peperangan yang terjadi antara negeri Astina dan negeri Amarta. Akibat dari persiapan perang tersebut, ibukota Astinapura mengirimkan seorang Inspektur Jendral untuk menyelidiki kota kecil yang dipimpin walikota Ananta Bura. Tidak ada yang tahu apa yang akan Inspektur Jendral selidiki di sana. Kekhawatiran mencekam di antara Walikota dan pejabat lainnya di kota sebab mereka semua korup, mulai dari atasan sampai bawahan termasuk polisinya. Hal ini bisa berarti kiamat bagi mereka.

PEMENTASAN TEATER KOMA - INSPEKTUR JENDRAL (7)

Desas-desus kedatangan Inspektur Jendral ini bersamaan dengan hadirnya seorang pemuda bernama Anta Hinimba yang tinggal di penginapan. Diakah tamu yang ditakuti itu? Para pejabat pun merundingkan berbagai cara untuk menghadapi sang Inspektur Jendral yang datang dari Pusat Kerajaan. Tidak ada cara lain, selain menyuap Inspektur Jendral. Tapi, apakah dia bisa disuap?

Yang unik di pertunjukan Teater Koma kali ini adalah meskipun Inspektur Jendral merupakan karya klasik dari negara Rusia, unsur Indonesia tetap ada dan kental untuk disaksikan oleh para penonton. Pementasan yang dipublikasikan pada tahun 1836 ini akan dibawakan dengan konsep pewayangan. Teater Koma juga kembali mengangkat isu sosial dan politik Indonesia dengan membawa perspektif berbeda ke panggung pertunjukan yang dikemas secara artistik dan menarik sehingga masyarakat terhibur dan juga teredukasi.

Comments

Komentar