DSC_0432

Reportase : Muhammad Indra

Indonesiamagz – Bandung tidak hanya terkenal dengan wisata belanja atau wisata kuliner saja, di selatan Bandung tepatnya di daerah Ciwidey terdapat tempat wisata yang sudah tersohor bagi wisatawan, Kawah Putih namanya.  Sebuah objek wisata yang mempunyai keindahan alam yang sangat mempesona dan tidak mudah untuk di temukan di daerah lain.

Kawah Putih terletak di puncak Gunung Patuha, sekirar 46 kilometer dari Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Gunung Patuha pernah meletus pada abad ke-10, kemudian bagian kawahnya perlahan beruban menjadi sebuah kawah belerang berwarna putih.

 

DSC_0490

Melangkah ke Kawah Putih seperti memasuki dunia yang berbeda. Dominasi warna putih pucat itu melahirkan suasana yang mampu menghipnotis pengunjung. Saat hari cerah, warna danau begitu mencolok namun ketika hari berawan, seluruh kawah diselimuti kabut. Suhu dingin dan deretan pohon di ketinggian 1.880 m dpl itu cukup membuat badan menggigil.

Untuk mencapai ke Kawah Putih, kita harus menggunakan kendaraan yang bernama Ontang-anting. Dinamakan ontang-anting sebab saat perjalanan menuju puncak kawah putih yang menggunakan kendaraan tersebut selama 20 menit, badan kita terasa di pontang-panting seraya menaiki Jetcoster yang berada ditaman hiburan. tarif kendaraan Ontang-anting sebesar 14 ribu PP.

DSC_0428

Kawah Putih dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00. Fasilitas yang tersedia di sini adalah tempat parkir, transportasi, pusat informasi dan warung makan. Tiket masuknya seharga Rp15 ribu perorang. wisatawan dianjurkan untuk meggunakan masker, sebab bau belerang yang menyengat bisa membuat pusing, batuk dan mual. mengunjungi puncak kawah putih juga hanya diberlalkukan 15 menit untuk menjaga kesehatan para wisatawan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Wisatawan juga dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat wisata, apabila membawa bekal makanan. harap membawa sampahnya kembali pada saat sampai dibawah. keep clean buddies!   (ygw)

Comments

Komentar