Penanaman Sepasang Patung

IndonesiaMagz – Taman Nasional Bunaken (TNB) merupakan cagar laut yang dilindungi di Sulawesi Utara, yang terdiri dari lima pulau diantaranya Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen. TNB juga menjadi habitat 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan laut seperti ikan Napoleon, Moluska, penyu, dan mamalia laut lainnya.
Dibunaken sendiri terdapapat 20 spot diving, salah satunya Timor Point. Karakterisitik spot disini menjadi salah satu spot favorit, karena terdapat underwater great walls yang di sebut hanging walls atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. anda melihat dinding tebing yang curam ditumbuhin karang-karang cantik dan soft coral yang mengagumkan dari kejauhan walau hanya dengan snorkling.

Taman Nasional yang didirikan pada tahun 1991 ini menjadi daya tarik wisata bahari bagi para wisman ataupun wisnus. Kondisi TNB saat ini mengalami penurunan jumlah wisatawan, penyebabnya adalah masalah sampah dan kondisi terumbu karang yang mengalami kerusakan akibat aktivitas penangkapan ikan yang tidak sesuai dengan aturan. The Body Shop Indonesia bekerja sama dengan The Marine Foundation Serta Grand Luley Resort melakukan penyelamatan terumbu karang dan menumbuhkan habitat baru di TNB dengan cara menengelamkan sepasang patung putri duyung.

Suzy Hutomo selaku CEO The Body Shop Indonesia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kali kedua dilaksanakan, sebelumnya dilakukan di Amed, Bali tahun 2013. “ Penenggelaman kali ini pun ditujukan agar menjadi habitat dari ekosistem biota Taman Laut Bunaken, karena setelah di tengelamkan akan menjadi rumah bagi terumbu karang dibawah laut, seta meningkatkan pariwisata serta tentunya meningkatkan perekonomian warga setempat,” papar Suzy saat upacara pelepasan sepasang patung duyung di Grand Luley Resort, Manado, Sabtu (14/11/2015).

_MG_1153

Sepasang patung putri duyung yang ditengelamkan memiliki ukuran 2×1 yang memiliki bobot kurang lebih 2 ton. Patung ini terbuat dari semen dengan PH (derajat keasaman) netral yang cocok untuk terumbu karang dan biota bawah laut. “Patung ini juga bisa menjadi tempat baru untuk underwater wedding serta bisa menjadi spot diving baru bagi para penyelam yang berkunjung ke Bunaken,” tambah Suzy.

Program ini juga bisa memberikan lapangan pekerjaan atau memberikan pendapatan alternatif yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat. “Mendukung penuh pemulihan dan pelestarian bunaken yang dinilai sebagai salah satu taman laut terbaik di dunia. Jadi diharpkan dengan program penengelaman patung putri duyung bisa memulihkan terumbu karang tang ada disini, serta meningkatkan pariwisata di Bunaken,” tutur Hutomo Santoso, Pemilik Grand Luley Resort pada kesempatan yang sama.

Penulis : WRWN

Comments

Komentar