Indonesiamagz – Pantai Sadranan diapit pantai Krakal dan Sundak terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki pemandangan indah tak kalah menakjubkan menjadikan daya tarik tersendiri. Bahkan, wisatawan bisa menyaksikan keindahan bawah laut seperti layaknya Bunaken di Sulawesi Utara. Pantai berombak tenang dengan keindahan terumbu karang dan ribuan ikan yang mendasari untuk terus mengembangkan pantai ini.

Dengan peralatan snorkeling yang terdiri kacamata  google+fin  dan pelampung yang bisa disewa dengan harga Rp.50.000, wisatawan dapat menyaksikan keindahan laut.  Kebetulan waktu itu saya bertemu dengan Wito, salah satu penyewa peralatan snorkeling. Wito siap memandu para wisatawan snorkeling menuju spot2 yang bagus.

Wisatawan jika ingin mengabadikan dengan berfotoria ketika sedang melakukan snorkeling tidak perlu beli atau sewa kamera under water ditempat lain dengan harga yg mahal, tetapi di tempat tersebut juga menyewakan kamera under water dengan harga Rp. 50.000 perdua jam kalau di hari libur.  Tapi apabila tidak bertepatan pada hari libur, kita bisa menyewa kamera tersebut seharian penuh dengan harga yang sama.

Pantai sadranan adalah surga baru bagi para pecinta snorkeling. Di pantai ini terdapat sebuah tempat penyewaan yang menyediakan jasa snorkeling yang di beri nama ‘”Sadranan Snorkeling”. Menurut pengelola, pantai ini menyimpan keindahan bawah laut yang masih alami dan sangat cocok bagi wisatawan yang tertarik untuk mengenal lebih dekat dunia bawah air, dan ingin berinteraksi langsung denngan penghuni bawah laut, seperti terumbu karang, ikan – ikan cantik yang langka serta di lindungi. Snorkeling ini tidak hanya kegiatan olahraga yang sangat menantang dan menarik, tapi juga merupakan kegiatan rohani seseorang untuk lebih mengenal dan mendekatkan diri dengan alam dan kepuasan merupakan jaminan yang di tawarkan di pantai ini.

Bagi wisatawan yang ingin belajar snorkeling di pantai ini, tidak perlu khawatir tentang alat dan keamanan karena pengelola telah menyediakan persewaan peralatan snorkeling plus pemandu untuk mengajarkan teknik senorkeling sekaligus sebagai pemandu menuju spot-spot snorkeling terbaik. Harga sewa yang di tawarkan pun sangat fantastis, cukup dengan Rp 50.000/pax wisatawan sudah dapat alat snorkel berupa kacamata, selang, pelampung serta sepatu plus pemandu. Tarif ini berlaku untuk dua jam. Bagi pemula, sebelumnya akan di latih terlebih dahulu untuk menggunakan peralatan seperti mengunakan masker yang berfungsi untuk melihat dengan jelas keadaan bawah air dan menggunakan snorkel (pipa sebagai alat bernapas) dan memasang pelampung.

Kemudian setelah itu pemula akan di ajari pula teknik bernapas di bawah air dengan menggunakan mulut atau bernapas melalui mulut, dan teknik dasar untuk mengapung agar tidak menginjak terumbu karang. Tujuan dari dari pelatihan ini adalah agar pada saat snorkeling, snorkeler sudah siap dan tidak panik apabila menghadapi beberapa masalah seperti lupa bernapas menggunakan mulut, dan untuk melihat kondisi sekitar. Tidak lupa juga, snorkeler akan di ajarkan juga cara menarik perhatian ikan ikan agar mau mendekat dan tidak takut saat didekati.

Sumber : visitingjogja.com

Comments

Komentar