Indonesiamagz – Purbalingga terkenal dengan wisata wahana air nya yang tak lain adalah Owabong. Tapi tak hanya bersenang senang bermain air ditempat itu saja. Wisatawan juga dapat berwisata sekaligus berolahraga air, yang mungkin dapat dijadikan referensi berwisata di Kota Purbalingga.

Olahraga ini cukup membuat adrenalin anda di uji dan tentu saja mata anda dimanjakan dengan keindahan pemandangan yang disajikan oleh alam. Ya, riverboarding namanya. Olahraga air yang menantang ini dapat wisatawan coba di Sungai Klawing, yang membelah Purbalingga menjadi dua wilayah.

Riverboarding (selancar sungai) termasuk olahraga air yang baru dan langsung digandrungi oleh masyarakat beberapa tahun belakangan ini. Beruntungnya, Sungai Klawing sempat menjadi lokasi kejuaraan riverboarding tingkat nasional pada Februari 2014 lalu. Lokasi yang paling cocok untuk berolahraga sekaligus berwisata air ini dimulai dari Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari dan diakhiri di sektor Onje di Desa Onje, Kecamatan Mrebet Purbalingga. Pada trip sepanjang sekitar 7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam tersebut, anda akan melalui jeram-jeram dengan tingkat kesulitan grade 2 hingga 3.

Disana wisatawan tak hanya dipuaskan dengan keunikan pemandangan tebing-tebing serta pepohanan di sekitar Sungai Klawing saja, namun kolaborasi antara derasnya aliran sungai dan bebatuan alam khas Klawing, membuat olahraga air disana menggugah adrenalin setiap wisatawan yang mencobanya. Kolaborasi nan apik tersebut, membuat Sungai Klawing ini sangat cocok untuk arung jeram dan berbagai olahraga air menarik lainnya. Tak jauh dari Sungai Klawing, anda dapat bergeser ke Sungai Tuntung Gunung, Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, yang merupakan lokasi mantap untuk bemain kayak dan olahraga air tubing.

Untuk menuju kesana, dibutuhkan sedikit perjuangan dengan mengendarai kendaraan kecil sejauh 17 kilometer ke utara dari Kota Purbalingga. Namun, perjuangan tersebut seketika akan dibayar dengan keindahan suasana alam pedesaan pegunungan, Air Terjun Patra Wisa, serta tebing-tebing menjulang di sepanjang perjalanan yang tak akan membuat wisatawan dihampiri kebosanan.

Sumber : www.jatengprov.go.id

Comments

Komentar