Indonesiamagz.com – Ada berbagai macam kuliner khas Sumatera Selatan, salah satunya adalah Roti Kemang. Hidangan ini bisa disantap di salah satu kecamatan di Sumatera Selatan, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas. Roti Kemang memiliki keunikan tersendiri, terlihat ditengah roti isian kelapa dengan gula merah. Roti ini paling nikmat disantap dengan ketan didampingi dengan saus durian. Makanan ini juga bisa disantap saat sarapan.

Bahan-bahan untuk membuat hidangan khas ini sangat mudah ditemukan, diantaranya gula, tepung terigu, telur, mentega, minyak sayur, air tape dan air. “Untuk isian di dalam Roti Kemang diperlukan kelapa dan gula merah,” ujar istri dari Camat Muara Kelingi, Yanti Mala, saat ditemui di Muara Kelingi, Kamis (17/12). Pada zaman dulu, Roti Kemang dimasak dengan api tungku kayu, namun kini Roti Kemang bisa dimasak dengan panggangan maupun oven.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas, Jemain, Roti Kemang ini merupakan asli dari Muara Kelingi. Makanan ini biasa dijajajkan setiap ada hajatan di Muara Kelingi, Jemain menambahkan, kaum perempuan akan bersama-sama membuat Roti Kemang. “Sehari sebelum hajatan, ibu-ibu akan memasak bersama membuat Roti Kemang untuk disajikan di saat hajatan di sini,” lanjut Jemain.

Jemain menjelaskan, roti ini tidak dijual di toko-toko makanan hanya bisa ditemukan saat masyarakat Muara Kelingi membuat Roti Kemang. Meskipun begitu, Jemain menyayangkan saat ini yang bisa membuat Roti Kemang ini hanya perempuan yang berusia 30 tahun ke atas. “Dulu setiap rumah bisa membuat Roti Kemang. Yang masih muda-muda kini punya kesibukan sendiri,” tutup Jemain.

Kuliner khas Muara Kelingi ini harus dilestarikan agar, tidak tergerus zaman. “Makanan ini sangatlah khas, rotinya lembut dan manis sangat cocok dengan saus durian, alangkah baiknya generasi muda bisa membuatnya. Agar makanan ini selalu dicari dan bisa disuguhkan kepada tamu pada saat acara-acara besar di Sumatera Selatan,” tutup Jemain.

Comments

Komentar