Indonesiamagz.com – Kabupaten Malang memiliki hawa yang sejuk sebab berada di dataran tinggi. Di tempat inilah, anda dapat menjumpai beberapa tempat wisata berupa air terjun atau biasa disebut coban dalam bahasa Jawa. Salah satunya adalah Air Terjun Coban Sewu atau Air Terjun Grojogan Sewu. Kawasan Wisata Air Terjun Grojogan Sewu atau Coban Sewu terletak di Dusun Tretes, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang berjarak sekitar 63 km.

Untuk menuju Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu, karena memang akses jalannya hanya memungkinkan bagi pejalan kaki saja. Pengunjung harus melewati sebuah jembatan gantung yang menghubungkan jalan raya ke Grojogan Sewu.

Di bagian atas jembatan gantung tersebut terpampang papan nama air terjun ini. Jembatan gantung tersebut cukup kokoh dan indah yang melintang di atas Sungai Konto. Di dekat jembatan gantung tersebut, pengunjung bisa menitipkan kendaraan bermotor cukup dengan Rp 2000. Setelah itu, pengunjung bisa menyusuri jalan setapak berupa tanah liat. Jalan setapak tersebut berlanjut dengan jalan setapak yang agak terjal dan berada di antara hamparan sawah yang cukup luas.

Air sungai yang mengalir, bebatuan sungai dan panorama sekitar yang menawan akan membuat pengunjung merasa betah berlama-lama di sana. Persawahan yang cukup luas menambah daya tarik tersendiri di sekitar lokasi air terjun tersebut. Setelah berjalan sekitar 20 menit dari tempat penitipan sepeda, pengunjung akan sampai ke Grojogan Sewu.

Untuk memasuki lokasi wisata air terjun ini, pengunjung tidak dipungut biaya masuk. Pengunjung hanya menyumbangkan uang seikhlasnya. Kondisi Air Terjun Grojogan Sewu sendiri masih begitu asri dan terawat. Keberadaan pepohonan di sekitar air terjun yang masih terjaga turut memberikan kesan teduh dan sejuk. Debit airnya yang deras menimbulkan udara dingin di sekitar lokasi air terjun. Selain karena keasriannya, air terjun ini juga sering dikunjungi karena dipercaya khasiatnya untuk penyembuhan.

Di lokasi Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Malang ini juga terdapat sebuah sebuah padepokan bernama Padepokan (Balai) Sapto Pratolo. Saat ini air terjun tersebut telah dimanfaatkan oleh penduduk sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) mikro. Pengunjung bisa mendapatkan fasilitas rest area (tempat istirahat) disekitar lokasi, kios makanan, kios buah-buahan, cindera mata, mushola, MCK serta kolam renang. Lama perjalanan jarak tempuh hanya 30 menit dari Kota Kabupaten Malang menuju ke lokasi.

Sumber : www.malangkab.go.id

Comments

Komentar