Gema Festival Pesona Tambora 2016 Resmi digaungkan

Indonesiamagz.com – Dalam rangka melanjutkan acara yang telah sukses sebelumnnya yaitu tambora menyapa dunia, dimana acara tersebut sebagai bentuk perayaan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora. Festival Pesona Tambora (FPT) 2016 akan hadir pada tanggal 11-16 April 2016. Hal itu ditetapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Launching Festival Pesona Tambora 2016 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (11/1/2016).
Kementrian Pariwisata menyambut baik diadakannya FTP 2016 ini, karena berdampak besar dan bermanfaat bagi ekonomi masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB). “Lombok menjadi second destination. Main destination nya tetap bali. Lombok bisa menjadi main destination tahun ini dengan suatu momentum dan mengusung tema Lombok Halal Tourism,” tutur Arief Yahya dalam sambutannya.
Sementara itu Pemprov NTB belum lama ini meluncurkan destination branding “Pesona Lombok Sumbawa” serta kalender event 2016, kemudian dilanjutkan dengan peluncuran FPT 2016 dalam upaya meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus ke NTB yang tahun ini ditartgetkan sebanyak 1,5 juta wisman dan 1,5 juta wisnus. “kita banyak mengadakan event seperti sport tourism, culture tourism, culinary tourism dari event tersebut kita bisa mendongkrak wisatawan yang datang. Dan akan menjadikan 15 kawasan menjadi destinasi utama. FTB sendiri menunjukan bahwa Pesona NTB tidak ada habisnya,” tutur Gubernur NTB M. Zainal Majdi dalam acara yang sama.
Untuk mensukseskan penyelenggaraan FPT 2016 dipersiapkan tiga kegiatan utama saat; pra-event, main event dan post event. Untuk kegiatan pra-event antara lain; launching, seminar (wisata bahari, Rinjani menuju geopark dunia, dan Lombok wisata halal dunia), peziarahan Tambora (pameran Tambora dan perjalanan wartawan), Gili tapan (upacara lau, perunjukan musik gambus lautan dan layaran film), perkebunan kopi Tambora (gelaran budaya, kompetisi kopi kreatif, dan cargo cult festival).
Sementara itu untuk kegiatan main event antara lain digelar Tambora running (ultracrun 320 k & 100 k, Tambra Ultra 50k & 25k) Tamboran bike camp, Tambora Festival, Pulau Satonda (Tambora leterary and film festival, dan pameran seni rupa dan instalasi art-arche di Galeri Seni Satonda) dan ritus budaya Tamboraman, sedangkan kegaitan untuk post-event antara lain klik fotografi trip.

Comments

Komentar