Indonesiamagz.com – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) yang akan berlangsung pada 6-9 Februari 2016. Diangkatnya NTB sebagai tuan rumah dijadikan kesempatan untuk mempromosikan wisata halal di sana. Akan ada beberapa rangkaian acara dihadirkan seperti Gerakan Sadar Wisata, Workshop Wisata Bahari, Lomba Penulisan, dan Pameran Pers Pariwisata.

Kegiatan Gerakan Sadar Wisata adalah bersih-bersih pantai yang dilaksanakan di Pantai Senggigi pada 7 Februari pukul 16.00 WITA. Pada kesempatan ini, ibu-ibu Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dari seluruh Indonesia akan bersama-sama membersihkan sebagian pantai dengan menggunakan sapu lidi dan membuang sampah di tong-tong plastik. Tujuan gerakan ini adalah memberikan contoh kepada masyarakat sekitar tentang merawat kebersihan pantai.

Program lainnya yaitu Workshop Wisata Bahari akan membahas wisata unggulan dan wisata halal di NTB. Workshop diselenggarakan pada 6 Februari di atas kapal KRI dr. Suharso, yaitu kapal yang berfungsi sebagai rumah sakit sejak 2008. Dalam perjalanan menuju Lombok dari Surabaya menggunakan kapal tersebut, Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) dan wartawan HPN 2016 akan melakukan diskusi bersama beberapa pembicara dari Kementerian Pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata setempat dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat mengenai keunggulan wisata daerah NTB.

Program selanjutnya adalah Lomba Penulisan Pariwisata yang kali ini digagas dengan tema “Kearifan Lokal Bahari sebagai Daya Tarik Pariwisata Indonesia”. Lomba ini diperuntukkan bagi wartawan media cetak, media daring dan blogger dengan tujuan meningkatkan pengenalan pariwisata Indonesia di kalangan wartawan dan blogger, serta menumbuhkan minat dan gairah berwisata di kalangan wartawan dan penulis. Batas waktu pengumpulan karya adalah 22 Januari 2016. Pemenang akan diumumkan pada 29 Januari 2016 dan hadiah diserahkan pada 8 Februari 2016 di Mataram, NTB, bertepatan dengan acara diskusi “Wisata dan Infrastruktur NTB Peluang Devisa dalam Perspektif Pers Nasional” bersama Menteri Pariwisata RI.

Ada juga Pameran Pers Pariwisata yang akan menampilkan koleksi Taufik Rahzen, yaitu seorang budayawan yang memiliki banyak buku langka, wayang dan lukisan. Pameran diselenggarakan pada 6-9 Februari 2016 dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat tentang perjalanan pers pariwisata dilihat melalui produk pers, sekaligus mempromosikan kalender acara Kementerian Pariwisata.

Provinsi NTB dipercaya sebagai tuan rumah HPN 2016 karena dinilai matang secara infrastruktur didukung oleh akomodasi dan transportasi yang memadai. Pengalaman NTB menjadi tuan rumah sudah terbukti melalui pertemuan berskala nasional maupun internasional. Berbagai persiapan tengah dilakukan termasuk mempersiapkan KRI dr. Suharso yang dijadwalkan berlayar selama tiga hari yaitu 4-6 Februari membawa rombongan perwakilan dari PWI seluruh Indonesia. Perjalanan menggunakan KRI menuju lokasi HPN diharapkan dapat memperkuat pemahaman masyarakat pers Indonesia mengenai isu-isu laut dan maritim serta wawasan kebangsaan.

Sumber : indonesia.travel

Comments

Komentar