Indonesiamagz – Jika Anda berkunjung ke kota Cirebon, tak lengkap rasanya jika Anda tidak membeli Sirup Tjampolay, karena Sirup Tjampolay merupakan salah satu kuliner atau oleh-oleh khas Cirebon yang telah dikenal seja dulu.

Sirup Tjampolay merupakan salah satu kekayaan kuliner yang dimiliki oleh kota Cirebon, minuman ini diproduksi oleh Tan Tjek Tjiu, tepatnya pada 11 Juli 1936. Setelah Tan Tjek Tjiu meninggal dunia pada tahun 1964, produksi Sirup Tjampolay sempat berhenti beroperasi selama 6 tahun. Kemudian pada tahun 1970, Sirup Tjampolay kembali diproduksi oleh anak dari Tan Tjek Tjiu, Setiawan.

Dalam mengelola Sirup Tjampolay, Setiawan pun mengalami berbagai rintangan dan tantangan yang tidak mudah, hingga pada ahirnya usaha Sirup Tjampolay harus terhenti kembali. Namun, pada tahun 1983 usaha Sirup Tjampolay kembali bangkit melawan berbagai rintangan persaingan bisnis dan kondisi ekonomi bangsa yang tidak menentu.

Jatuh bangun bisnis Sirup Tjampolay kini telah berbuah manis, dengan keberhasilan Sirup Tjampolay sebagai salah satu sirup kenamaan di kota Cirebon, di Jawa Barat dan di berbagai daerah lainnya di Indonesia. Usaha Sirup Tjampolay kini telah dilanjutkan oleh generasi ketiga keluarga Tan Tjek Tjiu.

Soal rasa, Sirup Tjampolay pada awalnya hanya diproduksi dengan tiga varian rasa, yaitu rasa rozen rose, asam jeruk dan nanas. Namun kini Sirup Tjampolay memiliki berbagai varian rasa yang lebih bervariatif, yaitu: Rasa rozen rose, asam jeruk, nanas, pisang susu, melon, leci, mangga gedong, jeruk nipis dan kopi moka. Rasa yang paling terkenal adalah rasa pisang susu. Jadi, jika Anda hendak membeli Sirup Tjampolay, kami merekomendasikan Anda untuk membeli Sirup Tjampolay rasa pisang susu.

Sirup Tjampolay dikemas dalam botol kaca berukuran 630 ml, dilengkapi label dan penutup botol yang masih mengusung konsep kesederhanaan atau masih sama seperti saat pertama kali diproduksi. Sirup Tjampolay terbuat dari bahan-bahan alami dan menggunakan gula murni, inilah yang membuat cita rasa Sirup Tjampolay tetap terjaga hingga saat ini.

Sirup Tjampolay kini telah dipasarkan secara luas ke beberapa kota besar di Indonesia. Namun, jika Anda ingin membeli Sirup Tjampolay langsung dar pabriknya, Anda bisa datang ke alamat Perusahaan Siroop Tjap Buah Tjampolay di Jalan Elang Raya K. 11-12, Kota Cirebon.

Sumber : www.seputar-cirebon.com

Comments

Komentar