Indonesiamagz.com – Purwoceng ( Pimpinella Puruatjana ) merupakan salah satu tanaman herbal yang dimiliki Indonesia khususnya Kabupaten Wonosobo yang memiliki banyak manfaat dan khasiat yang banyak dibuktikan secara turun temurun oleh masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya.

Bahan baku purwoceng berasal dari tumbuhan yang tumbuh di pegunungan Dieng, Wonosobo. Mengingat tanaman ini memiliki banyak khasiat, banyak petani diluar Dieng yang berusaha untuk menanamnya, namun dikatakan oleh para ahli herbal bahwa hanya di dataran tinggi Dieng saja tanaman ini bisa tumbuh optimal.

Setelah diteliti lebih lanjut ternyata Purwoceng mengandung bahan aktif antara lain: limoneria, dranethole, asam kafeat dan anisheton ( Lina Mardiana, et 2005 ). Adapun manfaat purwoceng yang dikenal secara luas adalah sebagai obat herbal penambah stamina keperkasaan pria khususnya yang mengalami gangguan ejakulasi dini, disfungsi ereksi, impotensi, lemah syahwat, kurang bertenaga dan masalah pria dewasa lainnya.

Selama ini yang dilaporkan dalam berbagai penelitian yang dilakukan tidak ditemukan efek samping dalam penggunaanya apabila di konsumsi secara wajar. Karena purwoceng merupakan tanaman herbal alami yang Insya Allah aman untuk Anda konsumsi dalam jangka panjang, tidak seperti obat kimia.

Comments

Komentar