Indonesiamagz.com – Lombok dinobatkan sebagai World’s Best Halal Honeymoon Destination di ajang World Halal Travel Award 2015 pada Oktober lalu. Pulau di Provinsi Nusa Tenggara ini menjadi destinasi honeymoon terbaik bukan hanya karena memiliki kawasan wisata yang indah namun juga karakter penginapan tertentu yang dicari oleh wisatawan yang hendak berbulan madu. Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), L.M Fauzan, mengatakan bahwa Lombok unggul dalam tipe penginapan berkonsep vila yang menawarkan privasi.

“Tren konsep villa banyak dicari oleh wisatawan yang sedang honeymoon karena menawarkan privasi, memiliki ruangan, teras dan kolam renang sendiri. Penginapan yang seperti ini disukai wisatawan mancanegara, terutama dari Timur Tengah,” kata L.M Fauzan di Taman Budaya, Mataram, Minggu (7/2).

Selain menawarkan privasi, villa-villa di Lombok pun didesain khusus dengan taman besar yang cocok untuk dijadikan venue pernikahan sehingga banyak wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang menyelenggarakan pernikahan di sini. Lanjut L.M Fauzan, biasanya mereka sekaligus mengambil paket honeymoon.

“Standar hotel di Lombok juga lebih bagus daripada di Bali, occupancy hotel di sini juga besar bisa 75%-80% setiap harinya, termasuk villa-villa mahal yang mematok harga Rp2-3 juta per hari,” tambahnya.
Sementara itu, usai meraih predikat World’s Best Halal Honeymoon Destination dan World’s Best Halal Tourism Destination, Lombok ditargetkan meraih total 3 juta wisnus dan wisman di tahun 2016. Ditemui secara terpisah, Gubernur NTB Muhammad Zainul mengatakan bahwa angka ini naik 50% dari tahun sebelumnya.

“Target wisatawan untuk Indonesia secara keseluruhan naik 20% tahun ini, khusus NTB naik 50% dan ini adalah target yang paling tinggi dari seluruh wilayah di Indonesia,” ujar Muhammad Zainul pada peresmian pameran Hari Pers Nasional di Lombok City Center, Sabtu (1/7).

Oleh sebab itu, berbagai upaya dikerahkan untuk mencapai target sekaligus memantapkan label halal tourism yang diraih Lombok, diantaranya dengan penyelenggaraan event dan penambahan jumlah kapal pesiar yang menambat di Lombok. Selain itu, Pemprov juga sedang memantapkan infrastruktur enam pintu masuk yang tersebar di seluruh wilayah NTB yaitu Bandara Internasional Lombok, Bandara Bima, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Senggigi, Pelabuhan Bangsal dan Pelabuhan di tiga Gili (Trawangan, Meno dan Air).

Sumber : indonesia.travel

Comments

Komentar