Indonesiamagz.com – Masih berpikir ingin berpergian atau berwisata keluar negri? Jika di Indonesia banyak surga tersembunyi dan menjadi destinasi wisata yang tak terlupakan. Sebagai negara kepulauan, tentunya Indonesia memiliki beragam keindahan alam bawah laut berikut ekosistemnya. berbarengan dengan semakin majunya industri pariwisata Indonesia, satu per satu keindahan alam bawah laut Indonesia pun terus mencuat ke publik. Banyak tempat-tempat wisata baru yang mengunggulkan keindahan wisata bahari, salah satunya Taman Laut Alor.

Alor adalah sebuah pulau di gugusan bagian timur Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Telah tersohor jauh-jauh hari sebelumnya oleh mereka para penjelajah dan penikmat keindahan bawah laut. Memang keindahan alam bawah laut Alor belum banyak terekspos, namun bukan berarti Alor tidak memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Salah satunya yaitu Selat Pantar, Selat Pantar yang terletak di antara pulau Alor dan Pantar di Kepulauan Alor, NTT. Selat Pantar adalah salah satu yang paling indah di negeri ini dan tidak kalah indahnya dengan Laut Karibia di dekat Amerika Tengah.

Bagi beberapa penyelam profesional, Setidaknya ada 26 lokasi menyelam di sekitar Kepa, Pura, dan Ternate. Sederetan daftar nama titik-titik meyelam di Alor itu dapat membuat bingung dan bertanya-tanya ada apa di bawahnya? Mengapa begitu banyak titik penyelaman?

Di Taman Laut Nasional ini memiliki karakteristik dan keindahan yang unik perpaduan antara perairan Australia yang dingin dan perairan Indonesia yang hangat. Sehingga, kawasan ini kaya biota laut dan terumbu karang. Karakteristik laut Alor yang jernih dan bersih, serta arusnya yang kuat serta airnya yang dingin. Sangat terasa khasnya saat menyelam di Alor, bahkan mereka yang tergolong para profesional saja tetap berdecak kagum.

Bagaimana tidak, di sini para penyelam dapat menyelam bersama sunfish dan menemukannya lebih dari sekali. Ini jelas diasumsikan ada banyak sunfish atau mola-mola menetap di perairan Alor. Menyaksikan cara hidup mereka langsung di alamnya adalah sangat luar biasa. Jangan kaget juga apabila melihat lumba-lumba melompat kesana-kemari seakan menyambut dan mengajak Anda untuk terjun menyelam bersama. Makhluk yang menakjubkan itu dapat dilihat setiap hari dari atas perahu dan fantastisnya mereka sesekali mengeluarkan semburan air ke permukaan. Selain itu terdapat lokasi hiu yang terkenal yaitu pantai Jahe, di lokasi ini penyelam bisa bermain dengan sekelompok hiu yang ramah.

Kehadiran beberapa pulau kecil di sekitar Alor yang membentuk gugusan piramida atau segitiga membuat pemandangan semakin mempesona. Pulau-pulau tersebut seakan memantulkan bayangan ketika matahari berada dibaliknya. Menjelang sore akan tampak nelayan disekitar Alor sibuk mengarahkan perahu motor sambil membawa bubu (perangkap ikan) didalamnya. Nantinya alat perangkap ikan itu akan diletakkan didasar laut untuk mendapatkan ikan dari berbagai jenis dan ukuran.

Untuk menuju Alor, khususnya Anda yang datang dari wilayah barat Indonesia, ada penerbangan dari Jakarta ke Bandara El Tari, Kupang. Berikutnya lanjutkan penerbangan ke Bandara Mali di Kota Kalabahi, yaitu ibu kota Kabupaten Alor. Rute penerbangannya masih sangat terbatas beberapa maskapai saja, salah satunya yang setiap hari tersedia adalah maskapai Trans Nusa.

Kegiatan penjelajahan taman bawah air di Alor dapat dimulai dari Pelabuhan Kalabahi dan beberapa dermaga sekitarnya. Operator diving akan mengatur semua perlengkapan, makanan, tujuan, dan transportasi ke berbagai titik menyelam di sekitar Alor, termasuk apabila Anda berminat melakukan penyelaman malam hari. Jangan heran pula apabila di pulau ini rata-rata operator diving adalah orang asing yang fasih berbahasa Indonesia serta telah lama tinggal di Alor dan sekitarnya.

Comments

Komentar