Indonesiamagz.com – Purbalingga tidak saja memiliki objek wisata dari keindahan alam panorama yang dimilikinya, namun juga memiliki wisata buatan yang dapat menjadi daya tarik wisatawan

Objek wisata buatan yang dimaksud adalah Wisata air Bojongsari terletak di Desa Bojongsari Kecamatn Bojongsari sehingga lebih dikenal dengan Owabong. Jarak tempuh owabong dari pusat kota kurang lebih 5 km merupakan objek wisata air alami dengan tagline smile and fun. Owabong merupakan obyek wisata air favorit keluarga dengan fasilitas yang beragam. Mulai dari wahana kolam seperti kolam bebas tsunami, olimpic, kolam arus dan kolam awal ( waterboom ) hingga kolam akhir( ember tumpah).

Selain itu Owabong dilengkapi pula dengan Bioskop 4 dimensi, arena gokart, rumah hantu hingga food court dengan menu yang dapat memanjakan lidah anda. Bagi Anda yang tinggal diluar kota , jangan kawatir Owabong Juga dilengkapi cottage / penginapan dengan jumlah kamar 42 kamar terdiri dari 3 tipe VIP, Family dan junior. Terdapat pula ruang pertemuan yang dapat digunakan sebagai meeting dan pernikahan. Terdiiri dari andrawina convention hall, indraprasta dan indraloka.

Satu objek wisata air lagi di Purbalingga yang menjadi daya tarik pengunjung adalah Pemandian Tirta Sari Walik terletak di dusun Walik, Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari. Pemandian ini dialiri dengan mata air alami yang sejuk dan menyegarkan. Berbeda dengan objek wisata buatan Owabong. Pemandian ini merupakan salah satu yang tertua di Kabupaten Purbalingga. Memiliki dua buah kolam renang berukuran 20 X 40 dan sebuah kolam renang khusus anak.

Pemandian ini telah menjadi salah satu tempat favorit bagi banyak warga Purbalingga sejak bertahun silam.
Tak hanya pemandian, obyek ini juga memiliki perbukitan yang disulap menjadi tempat bersantai yang rindang. Dengan taman yang asri dan gazebo-gazebo yang tertata, menjadikan obyek wisata ini sebagai tempat yang tepat untuk bersantai.

Wisata air lainnya yang dapat dikunjungi oleh wisatawan , Pancuran Ciblon terletak di Kecamatan Bobotsari. Objek wisata ini tepatnya berada di sebelah barat terminal Bobotsari, kurang lebih sekitar 200 m. Pancuran Ciblon mempunyai tiga buah kolam serta dilengkapi dengan fasilitas tempat istirahat atau panggok dan juga taman bermain serta fasilitas lainnya seperti kamar mandi dan WC. Dengan hadirnya kolam renang Pancuran Ciblon ini, diharapkan masyarakat sekitar dan juga daerah lain dapat memanfaatkannya sebagai sarana rekreasi yang menyenangkan bersama keluarga.

Dari Wisata Air kita beranjak pada wisata selain sebagai hiburan juga memberikan edukasi, Sanggaluri merupakan singkatan dari Sanggar : tempat / taman Luru : mencari Ilmu : pengetahuan. Yang bisa diartikan sebagai tempat untuk mencari/menuntut ilmu. Sesuai dengan tema recreation and education park. Sanggaluri dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti taman reptil, museum serangga, museum uang, museum wayang, museum artefak, taman burung,taman batu, taman buah, rumah prestasi dan IpTek.

Selain itu sanggaluri jg dilengkapi dengan berbagai permainan seperti istana balon, trampoline, interaksi kampung ular, arena outbound, flting fox, terapi ikan,ontang-anting, kora2, kereta mini, rumah gempa yg berkekuatan hingga 9,5 SR, hingga studio TV yang memungkinkan anda menjadi seorang penyiar / reporter. Telah hadir pula jet coaster di bulan Nov 2013..Sanggaluri jg memiliki program edukasi mulai dri outbound kids dan pelajar, kemah wisata, pembedahan, pengawetan serangga hingga sekolah alam. terletak di desa Kutasari – Purbalingga .

Wisata edukasi lainnya yang juga menarik adalah Taman Wisata Pendidikan River World Purbasari Pancuranmas yang terletak Di Desa Purbayasa, kecamatan Padamara. kurang lebih berjarak 4 km ke arah barat dari purbalingga. Daya tarik Akuarium Raksasa ini adalah ikan raksasa dari Amazon yaitu Arapaima Gigas yang memiliki panjang lebih dari 2 meter.

Obyek Wisata yang satu ini memang berbeda, di sini tidak hanya memberikan hiburan, melainkan memberikan tambahan ilmu pengetahuan alam, tentang dunia ikan air tawar, unggas dan tumbuh-tumbuhan.

Comments

Komentar