indonesiamagz.com – Di Indonesia memang banyak sekali terdapat gua indah yang menawarkan pemandangan alam menakjubkan. Seperti halnya gua Watu Buri yang terletak di Desa Lengora, Kabaena Barat, Sulawesi Tenggara. Obyek wisata ini berlokasi sekitar 25 km dari ibukota kecamatan.

Keunikan dan daya tarik gua ini adalah ditemukannya tempat bertapa serta adanya mata air, yang diyakini sebagian masyarakat dapat memberikan khasiat. Di dalam gua Watu Buri Anda akan menemukan pesona keindahan stalaktit yang indah dan beberapa gambar perahu prasejarah pada dinding gua.

Selain stalaktit dan gambar prasejarah, di dalam gua yang memiliki panjang sekitar 2 kilometer ini juga terdapat berbagai perkakas dan meubel yang terbuat dari batu. Wah kira-kira siapa yah yang pernah tinggal dan membuat perkakas tersebut?

Dari catatan berbagai sumber, nama gua Watu Buri berarti Batu Bertulis. Gua ini pun memiliki nilai sejarah. Tempat wisata bersejarah ini dipercaya merupakan tempat Ratu Indaulu pertama kali bermukim sebelum membangun istana kerajaan di Tangkeno-Lengora.

Dari cerita yang berkembang, dahulu kala selain digunakan sebagai tempat bertapa, gua Watu Buri konon kabarnya dijadikan sebagai tempat pengasingan dan pengobatan bagi para masyarakat yang terkena penyakit kulit.

Comments

Komentar