INDONESIAMAGZ.com – PLTD Apung adalah kapal generator listrik milik PLN di Banda Aceh, yang saat ini beralih fungsi menjadi tempat wisata, yang dikenal dengan nama “Situs Tsunami PLTD Apung”.

Kapal ini memiliki luas sekitar 1.900 Meter Persegi, dengan panjang mencapai 63 Meter. Kapal berbobot 2.600 ton ini sebelumnya berada di laut yang jauhnya sekitar 5 Kilo Meter dari tempat berdirinya sekarang (Punge Blang Cut, Jaya Baru, Kota Banda Aceh). Pada tahun 2004, kapal ini terhempas hingga ke tengah-tengah pemukiman warga, tidak jauh dari Museum Tsunami.

Kapal yang diberikan kepada pemerintah Aceh pada saat konflik antara pemerintah dan GAM (Gerakan Aceh Merdeka) berlangsung ini mampu menghasilkan daya sebesar 10,5 megawatt. Hingga pada tahun 2012-2013, kapal ini dibeli pemerintah untuk ditata ulang menjadi wahana wisata edukasi.

Dari atas kapal, Idpeople juga dapat melihat rangkaian pegunungan Bukit Barisan. Sebagai sarana untuk mengenang korban jiwa yang jatuh akibat tsunami, dibangun monumen peringatan disertai tanggal dan waktu kejadian dari musibah yang menimpa beberapa negara selain Indonesia. Di sekeliling monumen, dibangun dinding dengan relief menyerupai gelombang air bah.

Comments

Komentar