INDONESIAMAGZ.com – Pariwisata di Indonesia bagian timur semakin menggeliat, wilayah yang dikenal dengan gugusan pulaunya ini semakin menunjukkan pesona wisatanya yang mengagumkan. Ada banyak sekali pulau di Indonesia timur yang harus dikunjungi untuk mendapatkan pengalaman menikmati keindahan yang fantastis dan berbeda. Salah satunya Pulau Moyo yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jaraknya sekitar dua setengah kilometer sebelah utara dari Pulau Sumbawa, NTB. Pulau ini menjadi tujuan tempat wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan Mick Jagger dan Putri Diana pernah berkunjung ke tempat ini. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya. Selain masih alami dan sepi, suasana di pulau ini memberikan nuansa ketenangan.

Untuk menuju ke Pulau Moyo ada beberapa alterntif jalur yang digunakan. Salah satunya bisa menggunakan jalur dari Mataram, Pulau Lombok, NTB, Anda bisa menggunakan kendaraan darat dengan rute dari Mataram langsung menuju ke Pelabuhan Kayangan. Dari pelabuhan dilanjutkan ke Poto Tano (dengan kapal fery). Dari Poto Tano bisa langsung menuju ke Sumbawa Besar (dengan kendaraan darat). Total waktu tempuhnya sekitar enam jam perjalanan.

Keindahan Pulau Moyo tidak diragukan lagi. Di sini terdapat berbagai jenis flora dan fauna seperti kupu-kupu, dua puluh satu jenis kelelawar, babi liar, rusa, ular, berbagai macam jenis burung dan hewan-hewan lainnya. Hal ini menandakan bahwa Pulau Moyo terjaga kelestariannya. Selain bisa menikmati keindahan hutannya, Anda juga bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya yang tentunya masih sangat indah.

Bagi pecinta alam maupun burung, Pulau Moyo adalah surga tersendiri. Dari 124 jenis burung yang ada di Sumbawa, 84 jenis diantaranya ada di sini. Beberapa spesies langka seperti kakak tua berkepala kuning dan burung gosong dapat Anda temukan di pulau ini. Bagi pecinta hiking, Anda akan menemukan air terjun, gua, serta sungai yang bisa Anda susuri.

Dan untuk yang hobi Snorkeling atau menyelam,melihat berbagai keindahan bawah laut . Taman laut yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang indah, bisa ditemukan sponge (spon) dan crustacea, terkadang melihat hiu kecil , melihat belut, berenang di sekitar pantai Ai Manis.

Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih dalam keadaan baik dan belum rusak. Hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta dan sekelompok ikan terbang. Diving, bisa melakukannya di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo. dan Pulau Satonda, pulau mungil di sebelah timur laut Pulau Moyo yang memiliki danau air asin di tengah pulau.

Comments

Komentar