INDONESIAMAGZ.com – Lokasi wisata pantai Ujung Genteng yang berada di selatan Jawa Barat agaknya cukup sulit dijangkau. Tetapi setelah sampai dilokasi, keindahan alam Ujung Genteng tidak usah diragukan lagi.

Sesampainya di lokasi, wisatawan harus pintar-pintar mencari tempat penginapan yang menyuguhkan pantai tak berkarang. Jika beruntung, wisatawan bisa mendapatkan lokasi yang sangat indah dan biasanya disini menjadi lokasi berselancar favorit bagi para pemburu ombak.

Tidak hanya berselancar, lokasi wisata ini juga menyuguhkan kegiatan wisata edukasi yakni melepas anak penyu hijau ke laut lepas. Penyu yang menelur di lokasi ini, adalah penyu-penyu yang dahulunya menetas di lokasi yang sama. Untuk mengamankan populasi penyu, maka telur-telur disimpan pada lokasi khusus yang telah disiapkan untuk penetasan.

Berdasarkan kajian ilmiah, dari 150 ekor tukik atau anak penyu yang dilepas ke laut, hanya sekitar dua ekor penyu yang akan kembali ke lokasi pelepasan untuk bertelur pada 30 tahun mendatang. penangkaran ini sangat dibutuhkan untuk melestarikan populasi penyu di laut. Induk-induk penyu, lanjutnya, pada periode Juli-Desember akan mendatangi pantai pada malam hari sekitar pukul 19.00 wib untuk bertelur.

Sejak pukul 18.00 wib wisatawan diharapkan telah mengosongkan pantai yang ditetapkan sebagai lokasi penyu bertelur. Hingga akhir Oktober, tuturnya, UPTD Konservasi telah mengamankan 1.000 sarang penyu yang kemudian ditetaskan di lokasi penangkaran.

Comments

Komentar