INDONESIAMAGZ.com – Kuliner Betawi tetap bertahan meskipun makanan cepat saji merajalela di Jakarta. Diantara sekian banyak makanan khas Betawi mungkin idPeople pernah mencicipi gado-gado, nasi uduk, soto betawi, atau kerak telor.

Jenis makanan tersebut masih bisa kita temukan di warung-warung hingga restoran. Nah, kali ini coba idPeople cicipi jenis kuliner khas Betawi yang lainnya dimana beberapa rupanya semakin langka dan juga jarang diketahui apalagi olah kalangan muda.

Jenis kuliner ini keberadannya semakin terlupakan, padahal gabus pucung merupakan salah satu bagian dari tradisi masyarakat Betawi. Menu ini wajib dibuat untuk melengkapi upacara nyorog, yaitu tradisi mengantarkan makanan kepada orang tua ataupun menantu kepada mertua menjelang bulan puasa dan lebaran.

Ikan gabus sebagai bahan utama tenggelam di dalam kuah hitam yang dihasilkan dari kluwek. Kuah juga dipadukan dengan bumbu lain seperti cabai, bawang merah, serai, dan jahe. Hasil kombinasi rasa gurih, asin dan segar siap menggoyang lidah Anda. Tak banyak warung makan yang menjual kuliner ini, namun apabila Anda ingin mencicipinya maka dapat menyambangi tempat makan ini.

Comments

Komentar