INDONESIAMAGZ.com – Kekayaan alam Nusantara menumbuhkan beraneka tanaman rempah yang melimpah. Dari jenis rempah tersebut terciptalah jenis makanan yang beragam. Meskipun jenisnya sama namun dengan campuran bahan lain membuat kuliner Nusantara semakin kaya. Salah satu jenis makanan yang serupa tetapi tak sama adalah soto. Di berbagai daerah di Tanah Air ada beragam jenis soto yang memiliki ciri masing-masing, sebut saja ada soto banjar, soto lamongan, soto kudus, serta soto betawi.

Soto Betawi adalah salah satu jenis kuliner khas yang populer di Jakarta. Biasanya soto betawi disajikan sebagai hidangan pembuka untuk membangkitkan selera makan serta sebagai hidangan penyerta.

Seperti soto madura, soto betawi juga menggunakan jerohan sebagai ciri khasnya. Selain jerohan, soto ini terdiri dari campuran daging serta santan kental sehingga terasa gurih dan nikmat. Kuahnya dibuat dari air kaldu yang berpadu dengan aneka rempah seperti bawang merah dan putih, jahe, daun salam, serai dan cengkeh. Biasanya juga ditambahkan irisan tomat, acar, jeruk limau, sambal, kecap, emping, nasi atau lontong.

Istilah soto betawi hadir dalam kuliner masakan Indonesia tahun 1977-1978 namun bukan berarti tidak ada soto sebelum tahun tersebut. Yang memomulerkan dan yang pertama memakai kata Soto Betawi adalah penjual soto bernama Lie Boen Po di THR Lokasari, tentunya dengan ciri khas dan cita rasa sendiri.

Sebelumnya, banyak penjual soto pada masa tahun-tahun tersebut, biasanya menyebut dengan soto kaki Pak “X” atau sebutan lainnya. Istilah soto betawi mulai menyebar menjadi istilah umum ketika penjual soto tersebut tutup sekitar tahun 1991.

Saat ini di Jakarta terdapat berbagai macam soto betawi. Umumnya usaha soto betawi sudah turun-temurun dijalankan sehingga tak heran di papan nama soto betawi biasanya tertulis tahun awal mula warung soto mulai dibuka. Pelanggannya pun kebanyakan setia berkunjung dan menyantapnya.

Perhatikan kesehatan idPeople saat menyantap soto betawi karena terdapat jerohan dan tidak semua orang dapat bebas memakan makanan tersebut. Berikut ini beberapa warung soto betawi di Jakarta.

Sumber : Indonesia.travel

Comments

Komentar