INDONESIAMAGZ.com – Gerhana Matahari Total (GMT) merupakan fenomena alam langka yang terbit 350 tahun sekali, melewati 12 Provinsi yang berada di Indonesia. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Kementrian Pariwisata untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Kesempatan langka tersebut juga diabadikan dalam sebuah kompetisi lomba foto, video, dan tulisan yang terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia.

Lomba yang berlangsung mulai dari 1 Maret hingga 30 April 2016 ini juga untuk mendorong promosi bagi daerah-daerah yang dilalui GMT. “Kompetisi ini tak hanya bertujuan untuk mengabadikan GMT saja, namun juga mendorong peserta untuk menyingkap pesona alam, budaya, dan kuliner yang dilewati GMT” tutur Putu Ngurah, Asisten Deputi Komunikasi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, dalam acara jumpa pers ‘Pesona Gerhana Matahari Total’ di Hotel Santika Hayam Wuruk, Jakarta, Selasa (16/2).

Lomba ini mengusung tema ‘Pesona Gerhana Matahari Total’, “Tujuan dari lomba ini untuk mengangkat destinasi wisata yang berada di 12 Provinsi yang dilewati. Bisa mengangkat kuliner, budaya, landscape atau gambar arsitektur daerah setempat,” tambah Putu Ngurah.

Barry Kusuma selaku juri foto dan video menjelaskan bahwa kompetisi ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Untuk kategori lomba foto diusahakan mengedepankan keunikan dan keindahan destinasi wisata. “angel, komposisin momen dan keaslian foto itu sangat penting. Untuk menarik perhatian masyarakat mengunjingi destinasi tersebut” terang Barry.

GMT sendiri akan diselenggarakan di 12 Provinsi. 12 titik tersebut berada di Palembang, Belitung, Balikpapan, Luwuk, Sampit, Bangka, Palangkaraya, Poso, Palu, Ternate, Halmahera, Mentawai. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan ketentuan lomba foto, video, dan tulisan bisa cek disini.

Comments

Komentar